Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kekayaan Bersih Bill Gates Tembus Rp 1.400 Triliun Minggu Ini

NEW YORK, KOMPAS.com - Saham Microsoft yang naik sebelum pengumuman pendapatan perusahaan pada 24 April mendatang membuat kekayaan Bill Gates melampaui 100 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 1.400 triliun minggu ini.

Berkat kekayaan bersih ini, Bill Gates masih dinobatkan menjadi orang terkaya kedua di dunia setelah Jeff Bezos, CEO dan pendiri Amazon.

Dilansir dari Forbes, Jumat (19/4/2019), kekayaan Jeff Bezos diperkirakan sekitar 153,2 miliar dollar AS menurut peringkat real-time Forbes dari para miliarder dunia.

Dari keyakayaan itu, Bezos akan memberikan seperempat saham Amazon yang saat ini bernilai lebih dari 35 miliar Dollar AS kepada istrinya, MacKenzie akibat perceraiannya.

Sementara kekayaan Gates berasal dari Microsoft, sebuah perusahaan komputer yang dia dirikan pada tahun 1975 dengan Paul Allen. Saat ini, dia memiliki kekayaan yang beragam. Kekayaan bersihnya sendiri berasal dari saham Microsoft kurang dari 12,5 persen.

Mayoritas aset Bill Gates disimpan di perusahaan investasinya, yaitu Cascade. Selain itu, Gates juga menanam saham di Berkshire Hathaway, salah satu perusahaan konglemerasi besutan teman Gates, Warren Buffet.

Kenaikan harga saham Microsoft minggu ini dikombinasikan dengan kinerja yang solid dari investasi Gates lainnya, membuat Gates memiliki kekayaan bersih di atas 100 miliar Dollar AS pada 16 April lalu.

Meskipun kaya, Gates dan Buffet ikut mendirikan Giving Pledge pada tahun 2010, yaitu sebuah yayasan yang memprakarsai konglomerat untuk memberikan setidaknya setengah dari asetnya untuk amal baik selama hidup di dunia.

Hingga saat ini, yayasan itu telah memiliki hampir 200 pendaftar, salah satunya seperti Elon Musk dan pendiri Airbnb Brian Chesky.

Gates juga telah memberikan lebih dari 35 miliar Dollar AS untuk amal, sebagian besar ke yayasan Bill dan Melinda Gates, sebuah yayasan swasta terbesar di dunia yang dia pimpin bersama istrinya.

Yayasan ini berfokus pada kesehatan masyarakat dan mungkin terkenal karena upayanya bersama Rotary International untuk memberantas polio.

Sebelumnya, Gates juga telah memiliki kekayaan hingga 12 angka. Pada April 1999, kekayaan bersihnya secara singkat melampaui 100 miliar dollar AS atau sekitar 150 miliar dollar AS ketika disesuaikan dengan inflasi hari ini.

https://money.kompas.com/read/2019/04/19/183424826/kekayaan-bersih-bill-gates-tembus-rp-1400-triliun-minggu-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke