Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asperindo: E-Commerce Beri Dampak Positif ke Usaha Logistik

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspress, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) mengakui kehadiran e-commerce di Indonesia telah memberikan dampak positif pada usah pengiriman logistik. Bahkan, volume pengiriman meningkat signifikan.

"Trennya bertumbuh, kalau bicara volume. Sama dengan di bandara, laut, itu bertumbuh di seluruh Indonesia," kata Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP Asperindo, Trian Yuserma berbincang dengan Kompas.com, Jumat (19/4/2019).

Menurut Trian, jika ingin pertumbuhan itu lebih besar dibandingkan sekarang yang harus dilakukan adalah perbaikan ekosistem. Ini antara lainlayanan yang diberikan perusahaan logistik, maskapai penerbangan, hingga aturan yang lebih mendukung atau pengenaat tarif Surat Muatan Udara (SMU) atau kargo.

"Intinya timbuhnya besar. Kalau harus tumbuh lebih tinggi, memang ada ekosistem yang harus kita perbaiki. Di logistik, adanya e-commerce pertumbuhannya (volume) tinggi sekali. Di atas dua digit," katanya.

Meskipun demikian, Trian tidak menyebutkan dan menjelaskan secara detail pertumbuhan itu. Ia meyakinkan, kehadiran e-commerce telah memberikan dampak positif pada bisnis pengiriman logistik.

"Kalau logistiknya hancur, e-commerce-nya enggak akan laku. Kalau internet, telekomunikasi enggak berkembang, e-commerce enggak akan laku. Jadi sesuatu faktor akibat, bukan sebab," terangnya.

Ia menilai, besarnya peningkatan volume pengiriman di jasa perusahaan legistik juga dipengaruhi oleh internet. Kini, masyarakat yang sudah dapat mengakses internet makin banyak belanja di e-commerce.

Sehingga, otomatis barang yang dipesan pad e-commerce akan dikirim lewat jasa perusahaan pengiriman logistik.

"Yang sudah terjangkau internet akan mendorong perekonomian, dia akan pesan barang dari situ, e-commerce pasti 'meledak'," jelasnya.

Dikatakannya, guna memberikan layanan yang baik, perusahaan jasa pengiriman logistik harus memperbaiki segala hal yang belum maksimal. Ini dilakukan agar masyarakat atau pelanggan makin percaya serta puas pada layanan yang diberikan.


https://money.kompas.com/read/2019/04/19/194700826/asperindo--e-commerce-beri-dampak-positif-ke-usaha-logistik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke