Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sempat "Delay" Imbas Kebakaran di Bandara Ngurah Rai, Operasional Lion Air Kembali Normal

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktivitas Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, sempat terhambat akibat kebakaran di bandara tersebut, Jumat (19/4/2019) kemarin. Ini termasuk jadwal penerbangan yang tertunda dan dibatalkan.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro memastikan, saat ini, operasional penerbangan sudah berangsur normal.

Terdapat 4 penerbangan domestik Lion Air, 3 penerbangan internasional Lion Air, 1 penerbangan domestik Wings Air, 4 penerbangan domestik Batik Air, 2 penerbangan internasional Malindo Air, dan 1 penerbangan internasional Thai Lion Air mengalami keterlambatan keberangkatan dari jadwal.

Selain itu, ada satu penerbangan Malindo Air rute Denpasar ke Melbourne, Australia mengalami penundaan keberangkatan (postponed).

"Seluruh penerbangan Lion Air, Wings Air, Batik Air, Malindo Air dan Thai Lion Air yang mengalami keterlambatan keberangkatan sudah diberangkatkan," kata Danang dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/4/2019).

Hingga hari ini pukul 11.35 WITA, Malindo Air telah menerbangkan kembali penerbangan yang mengalami penundaan yaitu nomor OD-177 tujuan Melbourne.

Lion Air Group juga telah menginformasikan kepada seluruh penumpang yang terganggu perjalanannya dan memberikan kebijakan yaitu perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) khusus dari Denpasar dengan tanpa dikenakan biaya tambahan sesuai ketentuan yang berlaku.

Danang menambahkan, sistem jaringan Lion Air Group hari ini sejak pukul 10.00 WITA sudah beroperasi membaik (system up).

"Dalam menjalankan seluruh operasional, Lion Air Group tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first)," kata Danang.


Perubahan Sementara Check-in Domestik dan Imbauan Perjalanan

Sementara itu, layanan penerbangan domestik Lion Air, Wings Air dan Batik Air untuk proses pelaporan penumpang dan bagasi tercatat dipindahkan ke terminal internasional island atau zona E. Pemindahan ini bersifat sementara yang berlaku mulai hari ini hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Untuk proses check-in penerbangan internasional Lion Air, Thai Lion Air dan Malindo Air tetap beroperasi di island/zona A1-A12, sedangkan Batik Air di island/zona B5-B10.

Danang mengatakan, Lion Air Group mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk tiba di bandar udara dan check-in lebih awal, yakni 180 menit sebelum jadwal keberangkatan. Hal tersebut guna meminimalisir dampak dari antrean panjang ketika check-in. 

Counter check-in Lion Air Group di akan tutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik, dan 40 menit pada penerbangan internasional.

Dalam mempersiapkan rencana perjalanan lebih awal, khusus layanan Lion Air, Wings Air, Thai Lion Air jika pelanggan akan membawa bagasi maka dapat membeli sesuai kebutuhan. Demikian juga apabila berangkat tanpa bagasi, maka tidak perlu membeli bagasi.

Untuk pelanggan yang akan membawa bagasi, dapat melakukan pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.


https://money.kompas.com/read/2019/04/20/175327826/sempat-delay-imbas-kebakaran-di-bandara-ngurah-rai-operasional-lion-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke