Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalan Tol Bakal Kian "Seksi" saat Mudik Lebaran 2019, Mengapa?

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah sejak lama kehadiran jalan tol menjadi magnet bagi masyarakat untuk bepergian, tak terkecuali saat mudik Lebaran.

Namun pada mudik Lebaran 2019, jalan tol dipercaya akan kian seksi. Begitu gambaran dari hasil penelitian Kementerian Perhubungan.

"Berdasarkan penelitian dari Balitbang Kemenhub sebagain besar masyarakat 46 persen akan menggunakan jalan tol," ujar Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

"Jalan tol menjadi seksi karena lebih banyak yang menggunakan jalan tol," sambungnya.

Masih berdasarkan penelitian yang sama kata Budi, kendaraan pribadi akan menjadi opsi pertama masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini.

Bukan tanpa alasan, sebab saat ini dari Merak hingga Surabaya sudah tersambung oleh tol. Apalagi kalau bukan jalan tol Trans Jawa yang membentang lebih dari 1.000 km tersebut.

Budi menyebutkan, sekitar 18 juta orang akan melaksanakan mudik Lebaran 2019. Mereka hanya berasal dari Jabotabek, Bandung Raya dan Banteng.

Dari Jabotabek sekitar 14 juta orang, Bandung Raya sekitar 2 juta, sisanya dari Banten. Itu semuanya harus kami antispipasi," kata dia.

Selain jalan tol, Budi juga mengatakan sudah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait jalan alternatif.

Hal ini juga dinilai penting karena pemudik yang menggunakan motor biasanya menggunakan jalan alternatif.

https://money.kompas.com/read/2019/04/25/165859026/jalan-tol-bakal-kian-seksi-saat-mudik-lebaran-2019-mengapa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke