Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahan Suku Bunga 5 Kali Berturut-turut, BI Terapkan Kebijakan Akomodatif

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, keputusan tersebut sejalan dengan upaya memperkuat stabilitas eksternal perekonomian Indonesia.

Sementara itu, untuk mendorong permintaan domestik Bank Indonesia memperluas kebijakan yang lebih akomodatif antara lain dengan, pertama meningkatkan ketersediaan likuiditas dan mendukung pendalaman pasar keuangan melalui penguatan strategi operasi moneter.

"Kedua, mendorong efisiensi pembayaran ritel melalui perluasan layanan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia/SKNBI," ujar Perry di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Perry menjelaskan, efisiensi pembayaran ritel dilakukan dengan perluasan SKNBI dilakukan dengan penambahan waktu dan percepatan setelmen, peningkatan batas nominal transaksi, dan penurunan tarif.

Kebijakan ketiga dengan mendorong sisi supply transaksi Domestic Non Deliverable Forward (DNDF).

"Khususnya melalui penyederhanaan ketentuan kewajiban underlying transaksi," ujar dia.

Adapun yang keempat, BI mendorong implementasi penyelenggara sarana pelaksanaan transaksi di pasar uang dan pasar valas (market operator).

Kelima, mengembangkan pasar Surat Berharga Komersial (SBK) sebagai alternatif sumber pendanaan jangka pendek oleh korporasi.

Terakhir BI mendorong perluasan elektronifikasi bansos non tunai, dana desa, moda transportasi, dan operasi keuangan pemerintah. 

"Koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait juga terus dipererat guna mempertahankan stabilitas ekonomi, khususnya dalam pengendalian inflasi dan defisit transaksi berjalan, serta menjaga momentum pertumbuhan ekonomi ke depan, khususnya dalam memperkuat permintaan domestik dan mendorong ekspor, pariwisata dan aliran modal asing," ujar dia.

https://money.kompas.com/read/2019/04/25/191000226/tahan-suku-bunga-5-kali-berturut-turut-bi-terapkan-kebijakan-akomodatif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke