Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Stres Akibat Pekerjaan, Saatnya Anda Coba Konsultasi Online

JAKARTA, KOMPAS.com - Beban pekerjaan yang berat dan besar terkadang bisa membuat orang stres. Dampaknya bisa buruk, misalnya pekerjaan terbengkalai hingga jatuh sakit.

Jika sudah demikian, baiknya Anda perlu meluangkan waktu untuk istirahat dan melakukan konsutasi dengan dokter atas kondisi yang sedang dialami.

Nah, konsultasi dengan dokter kini Anda tidak perlu repot untuk mengatur jadwal dan mengantre di rumah sakit atau layanan konsultasi yang dibuka oleh suatu jasa kesehatan.

Kini konsultasi bisa lewat layanan online atau aplikasi, seperti yang dihadirkan Alodokter.

Alodokter ialah aplikasi kesehatan berbasis di Indonesia yang menghubungkan pasien dengan dokter secara digital. Di dalamnya aplikasi terdapat sejumlah layanan yang bisa Anda pilih dan sesuai kebutuhan tentunya.

Co-Founder Alodokter, Suci Arumsari, mengatakan, aplikasi ini sudah berdiri sejak 2014 lalu. Ide menghadirkan layanan berbasis digital ini bermula dari pengalaman Suci sendiri yang diagnosa mengalami penyakit genetik langka di bagian tulang belakang.

Selama empat tahun, Suci merasa bingung dan frustrasi mencari informasi dan dokter yang terkait penyakitnya. Bahkan, selama itu pula tidak ada informasi akurat yang dapat ditemukan saat browsing online.

"Saya tidak ingin ada keluarga muda di Indonesia merasa putus asa seperti saya ketika mencari informasi kesehatan yang akurat secara online. Ini yang membuat saya menciptakan Alodokter, aplikasi kesehatan terlengkap yang dapat diakses secara online," kata Suci di Alodokter Head Office, Satrio Tower Building, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Suci menuturkan, visi besar dari Alodokter adalah menjadi platform yang memberikan solusi dan dukungan kesehatan terlengkap kepada keluarga muda modern Indonesia. Selama lima tahun, katanya, Alodokter saat ini sudah digunakan atau diakses oleh 20 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Ada beberapa fitur yang dihadirkan Alodokter pada menu aplikasinya, salah satunya fitu Chat Bersama Dokter.

"Pasien dapat memperoleh jawaban akurat terkait masalah kesehatan yang dialaminya. Di fitur ini, pasien serasa memasuki rumah sakit digital yang di dalamnya terdapat banyak dokter, mulai dokter umum hingga spesialis. Pasien bisa dengan bebas memih dokter mana yang tepat menjawab keluhannya," jelasnya.

Dia menuturkan, selain melakukan konsultasi lewat fitur Chat Bersama Dokter, pasien yang ingin mendapatkan treatment dengan menggunakan fitur Booking Dokter dan Rumah Sakit di aplikasi Alodokter. Saat ini fitur Chat Bersama Dokter gratis dan bisa diakses kapan pun. Sementara untuk fitur Booking Dokter dan Rumah Sakit akan dikenakan biaya sesuai ketentuan dan syarat.

"Jika pasien membutuhkan solusi terkait ongkos pengobatan, mereka bisa menggunakan Proteksi Alodokter, yang bermitra dengan AXA Insurance untuk mendapatkan proteksi berpremi rendah demgan banyak manfaat," jelasnya.

Meskipun demikian, masih terbilang kecil yang memanfaatkan Alodokter dengan layanan yang komplit untuk konsultasi masalah kesehatan efek dari pekerjaan. Padahal, pasien boleh menanyakan apa saja terkait masalah kesehatan yang dialami.

Layanan kesehatan digital ini bisa menjadi opsi Anda untuk memperoleh pengetahuan tentang penyakit dan cara menyelesaikanya. Apalagi, di tengah kurang maksimalnya pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia, baik rumah sakit pemerintah maupun runah sakit swasta.

https://money.kompas.com/read/2019/04/26/054000326/stres-akibat-pekerjaan-saatnya-anda-coba-konsultasi-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke