Salin Artikel

Punya Harta Melimpah, Begini Cara Bill Gates Belanjakan Kekayaan

NEW YORK, KOMPAS.com - Pendiri Microsoft Bill Gates merupakan orang terkaya kedua di dunia. Bersama pendiri Amazon Jeff Bezos, Gates merupakan orang yang memiliki kekayaan melampaui 100 miliar dollar AS.

Dilansir dari CNBC, Minggu (28/4/2019), meski memiliki kekayaan yang melimpah, Gates pun dikenal dermawan. Ia berkomitmen menyumbangkan sebagian kekayaannya ke gerakan The Giving Pledge.

Gerakan tersebut didirikan Gates bersama Warren Buffett pada tahun 2010. Di dalam gerakan tersebut, para milarder diundang untuk menyumbang mayoritas kekayaan mereka untuk kegiatan amal.

Secara total, Gates telah menyumbangkan 45,5 miliar dollar AS melalui yayasan Bill & Melinda Gates Foundation dan sejumlah yayasan lainnya sejak tahun 1994 silam.

Namun, meski sudah banyak beramal, kekayaan Gates tetap saja melimpah. Nah, bagaimana sebenarnya cara Gates membelanjakan kekayaannya?

Wealth-X memberikan penjabaran mengenai sejumlah cara Gates menghabiskan kekayaan. Per Jumat (26/4/2019) lalu, kekayaan Gates diestimasikan mencapai 109,8 miliar dollar AS.

1. Properti

Gates memiliki portofolio properti bernilai jutaan dollar AS. Ini termasuk rumah di tepi danau di Medina, Washington senilai 80 juta dollar AS.

Kompleks rumah Gates yang amat luas tersebut dilaporkan memiliki fasilitas lengkap, termasuk ruang trampolin dan aula pertemuan.

Tidak hanya itu, Gates juga memiliki kompleks pacuan kuda di Wellington, Florida. Wealth-X mengestimasikan kompleks pacuan kuda itu bernilai 8,5 juta dollar AS.

2. Pesawat jet pribadi dan mobil mewah

Gates memiliki sebuah pesawat jet, yakni Bombardier BD-700 Global Express senilai 30 juta dollar AS.

Gates pun memiliki serangkaian koleksi mobil mewah dengan nilai diestimasikan 650.000 dollar AS. Ini termasuk Porsche 911, Jaguar XJ6, Porsche Carrera Cabriolet 964, Porsche 959 Coupe tahun 1988, dan Ferrari 348.

3. Pulau pribadi

Bukan hanya miliarder Richard Branson yang memiliki pulau tropis pribadi. Gates pun memilki pulau tropis pribadi di Belize.

Menurut Wealth-X, pulau yang diberi nama Grand Bogue Caye tersebut bernilai sekira 25 juta dollar AS.

4. Benda seni

Gates pun dilaporkan memiliki koleksi benda seni yang cukup lengkap. Ini termasuk lukisan karya Leonardo da Vinci, Andrew Wyneth, dan Winslow Homer.

Koleksi benda seni Gates diestimasikan Wealth-X senilai 130 juta dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2019/04/28/090400026/punya-harta-melimpah-begini-cara-bill-gates-belanjakan-kekayaan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.