Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tingkatkan Layanan Logistik, Bukalapak X Paxel Luncurkan Sameday Delivery

CO-Founder Paxel Zaldy Ilham Masita mengatakan, alasan kerjasama ini dilakukan karena berbagai hal, salah satunya meningkatnya kebutuhan konsumen terkait pengiriman barang ke luar kota.

Apalagi, perkembangan e-commerce yang begitu pesat belum sejalan dengan perkembangan logistik.

"Perkembangan e-commerce yang pesat belum bisa diikuti oleh perkembangan logistik. Dua tahun terakhir, konsumen membutuhkan pengiriman yang lebih cepat saat belanja online," ucap Zaldy Ilham Masita di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Berdasarkan data Global Consumer Insight tahun 2018, kebutuhan same day delivery saat konsumer berbelanja online mencapai 41 persen. Sementara, pengiriman barang 3 sampai 5 hari kerja hanya sekitar 28 persen.

Menurut Zaldy, same day delivery juga dapat meningkatkan return of invesment (ROI) empat kali lebih cepat dibanding pengiriman lainnya.

"Same day delivery meningkatkan ROI lebih cepat sehingga menguntungkan UKM yang modalnya terbatas. Dengan menggunakan same day delivery, saya yakin perputaran uangnya jauh lebih cepat," tutur Zaldy.

Fajrin Rasyid, CO-Fouder Bukalapak mengatakan, saat ini masih banyak tantangan yang dihadapi pengguna Bukalapak khususnya dalam hal pengiriman. Fajrin berharap, kerja sama ini dapat mengurangi insiden di bidang logistik.

"Pertumbuhan e-commerce di Indonesia bergantung pada sektor logistik sebagai tulang punggung. Saya harap dengan hadirnya Paxel dapat mengatasi atau setidaknya mengurangi insiden paket belum diterima, paket dikembalikan, bermasalah dengan x-ray dan sebagainya," kata Fajrin Rasyid di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Fajrin mengatakan, struktur ekonomi Indonesia banyak ditopang oleh UKM. Bila tren ini terus berlanjut, maka pengiriman barang pun akan membludak.

Menurut laporan McKinsey, Indonesia akan mengirimkan 1,6 miliar paket per tahun. Angka ini lebih banyak dari total pengiriman paket dalam sejarah.

Nantinya, Paxel same day delivery akan tersedia untuk daerah Jabodetabek, Bandung, Joglosemar, dan Denpasar. Pengiriman ini akan memakan waktu 8 jam untuk dalam kota, dan 10-15 jam untuk luar kota.

Paxel juga menjamin tarif flat berjenjang dalam satu bulan ini. Mulai 6 sampai 20 Mei 2019, tarif same day delivery barang di Bukalapak menggunakan jasa Paxel dikenakan biaya hanya Rp 1.

https://money.kompas.com/read/2019/05/03/183012026/tingkatkan-layanan-logistik-bukalapak-x-paxel-luncurkan-sameday-delivery

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke