Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saat Wapres Kalla Terkesan dengan Bandara YIA...

Orang nomor dua di Indonesia itu juga sempat menjajal landas pacu di bandara teraebut setelah terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

"(Pendaratan) bagus, lancar, terasa mulus dan runway-nya bagus,” ujar Kalla dalam keterangan resminya, Sabtu (4/5/2019).

Bahkan, Kalla menyebut bandara tersebut menjadi yang termodern di Indonesia. Padahal, menurut dia, pembangunan bandara itu baru sekitar 50 persen.

"Ini menjadi bandara paling modern di Indonesia sebelum tempat-tempat lain. Luar biasa prosesnya semuanya. Baru selesai 50 persen sudah begini, apalagi kalau sudah seluruhnya," kata Kalla.

Pria yang akrab disapa JK itu menjelaskan, nantinya pemerintah juga akan melengkapi Bandara YIA dengan fasilitas pendukung, baik itu ketersediaan angkutan massal, maupun sarana-prasarana jalannya. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah aksesibilitas masyarakat dari dan ke YIA.

"Itu nanti pasti akan dibuat dengan baik termasuk kereta api, jalan raya, jalan tol supaya masyarakat bisa mudah,” ungkap dia.

Saat ini progres pembangunan YIA secara fisik di sisi darat telah mencapai 50 persen. YIA akan memiliki luas terminal 210.000 m2 dengan kapasitas penumpang sebanyak 14 juta penumpang/tahun.

Sementara di sisi udara, YIA memiliki runway atau landas pacu sepanjang 3.250 x 45 meter dengan 23 parking stand seluas 159.140 m2 dimana pada sisi udara saat ini progresnya telah 100 persen rampung. Nantinya YIA juga akan dilengkapi fasilitas sebanyak 10 unit garbarata.

https://money.kompas.com/read/2019/05/05/061347726/saat-wapres-kalla-terkesan-dengan-bandara-yia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke