Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub: KA Bandara Adi Soemarmo Beroperasi Juli 2019

Menurut dia, pembangunan KA Bandara dengan rute Bandara Adi Soemarmo - Stasiun Solo Balapan sejauh 13 km dibangun untuk meningkatkan integrasi antar moda serta mendukung sektor pariwisata yang ada di Jawa Tengah.

"Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang) merupakan salah satu dari" 4 Bali Baru" yang dicanangkan oleh pemerintah. Kami ingin memastikan Bandara Adi Sumarmo memiliki kualifikasi teknis untuk penerbangan internasional, sehingga kita siapkan terminal dengan kapasitas besar dengan integrasi antar moda yang baik," ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/5/2019).

Budi meminta Dirjen Perkeretaapian untuk melakukan riset guna mengembangkan jalur Ka Bandara Adi Soemarmo ke daerah sekitar Solo seperti, Klaten, Ceper, Karanganyar, Sragen dan daerah lainnya. Sehingga cakupan yang dilayani oleh Bandara Adi Soemarmo semakin luas.

Dia berharap efektivitas KA Bandara Adi Soemarmo dapat maksimal untuk menjaring banyak penumpang sehingga KA Bandara Adi Soemarmo menjadi produktif.

"Untuk itu saya menugaskan Dirjen Perkeretaapian untuk meneliti lebih jauh apakah KA Bandara Adi Soemarmo ini dengan rute Bandara Adi Soemarmo - Stasiun Balapan saja atau disambungkan dengan jalur eksisting yang ada serta sistem tarifnya bagaimana," kata Budi.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan jalur KA Bandara Adi Soemarmo ditargetkan selesai akhir Juni 2019 dan bisa beroperasi dibulan Juli 2019.

"Ditargetkan KA Bandara Adi Soemarmo ini bisa beroperasi pada Juli 2019, untuk masalah lahan tinggal sedikit lagi yang akan diselesaikan dengan target tadi" ujar Zulfikri.

https://money.kompas.com/read/2019/05/05/143258626/menhub-ka-bandara-adi-soemarmo-beroperasi-juli-2019

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke