Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, 3 Cara Membangun Kekayaan Tanpa Investasi Saham


JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk membangun kekayaan dalam jangka panjang. Investasi pasar saham adalah salah satu opsi yang paling disukai oleh investor kaya.

Meski demikian, investasi dalam ekuitas dan aset tentu memiliki beberapa implikasi seperti risiko, volatilitas dan imbah hasil yang dinamis.

Berinvestasi di pasar saham tentunya dibutuhkan kelihaian dibandingkan dengan investasi lain yang relatif lebih statis, misalnya deposito berjangka bank, emas, atau opsi investasi surat utang negara.

Namun, bagi Anda yang tak punya banyak waktu di pasar saham, dapat mempertimbangkan opsi lain untuk membangun kekayaan.

Berikut adalah 3 cara untuk membangun kekayaan tanpa berinvestasi di saham seperti dikutip dari Etnownews.com, Selasa (14/5/2019).

1. Pendapatan dari Sewa

Menyewakan properti atau aset real estat apapun dapat memberi pendapatan sewa yang cukup besar dalam jangka panjang.

Adanya para pelajar dan pencari kerja di kota-kota besar membuat peluang investasi properti menghadirkan pundi-pundi rupiah kian besar.

2. Obligasi

Investasi surat utang obligasi korporasi dengan rating yang tinggi adalah pilihan lain untuk membangun kekayaan tanpa mengambil risiko.

Anda yang tertarik dengan instrumen investasi ini juga dapat mempertimbangkan dana di pasar uang hingga dana yang diperdagangkan di bursa.

3. Pinjaman peer to peer

Opsi lainnya memupuk kekayaan yakni dengan mencoba praktik pinjaman peer to peer lending. Peminjamnya dapat berupa klien ritel atau usaha kecil.

Ada beberapa portal pinjaman P2P di mana orang-orang dengan kelebihan uang tunai dapat melayani orang-orang yang membutuhkan kredit.

https://money.kompas.com/read/2019/05/14/165000326/simak-3-cara-membangun-kekayaan-tanpa-investasi-saham

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke