Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Masa Angkut Lebaran, Ini Kesiapan AP II Hingga Arus Balik

Direktur Operasi Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi arus mudik Lebaran dengan mempersiapkan teknis bandara.

"Termasuk inspeksi dan keselamatan penerbangan. Dari Kemenhub di masa itu akan ada inspeksi ke seluruh bandara," ujar Djoko di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Djoko mengatakan, diperkirakan arus mudik akan lebih banyak berasal dari Jakarta. Karena periode liburnya lebih banyak di awal, sehingga puncak angkutan mudik kemungkinan terjadi pada 31 Mei atau 1 Juni. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan tanggal 8 atau 9 Juni.

Terkait traffic perjalanan udara, diprediksi tak akan jauh beda dengan periode mudik tahun lalu.

"Tumbuhnya kurang dari 1 persen karena saat ini di transportasi udara sedang konsolidasi sehingga pertumbuhannya mungkin kecil," kata Djoko.

Sementara jumlah penumpang diperkirakan akan tumbuh sekitar 3,2 persen. AP II juga mempersiapkan sarana penunjang bandara seperti kereta api bandara yang akan beroperasi setiap 30 menit dan kereta layang per 5 menit sekali.

Sementara armada angkutan umum di sekitar bandarq, seperti taksi dan Damri telah 100 persen dimonitor oleh pengelola bandara.

Selama periode mudik dan arus balik, untuk sementara waktu, AP II menghentikan aktivitas investasi yang diperkirakan akan mengganggu kelancaran operasi angkutan Lebaran.

"Bukan hanya dari pesawat saja, tapi menuju bandara. Sehingga di jalur P1 dan P2 tidak ada kegiatan sama sekali," kata Djoko.

https://money.kompas.com/read/2019/05/17/083200426/jelang-masa-angkut-lebaran-ini-kesiapan-ap-ii-hingga-arus-balik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke