Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] THR PNS Cair Sebagian | Kurs Rupiah Kembali Menguat

JAKARTA, KOMPAS.com - Artikel mengenai sudah cairnya tunjangan hari raya (THR) bagi pegawai negeri sipil (PNS) menjadi berita populer di kanal Money Kompas.com, Kamis (23/5/2019). Akan tetapi, THR bagi PNS tersebut baru cair sebagian, yakni Rp 10 triliun.

Selain itu, berita populer lainnya adalah tentang nilai tukar rupiah yang kembali menguat terhadap dollar AS. Sehari sebelumnya, kurs rupiah loyo di hadapan dollar AS, bahkan hingga menembus level Rp 14.500.

Berikut ini adalah 5 berita populer di kanal Money Kompas.com yang masih dapat Anda simak pagi ini.

1. THR PNS Baru Cair Sebagian, Nilainya Rp 10 Triliun

Pemerintah mengalokasikan tunjangan hari raya (THR) pegawai negeri sipil (PNS) sebesar Rp 20 triliun. Hingga saat ini, penyaluran THR sudah terealisasi sebagian.

"Pembayaran THR sudah terealisasi lebih dari Rp 10 triliun atau separuhnya," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Sri Mulyani mengatakan, kinerja belanja pemerintah membaik sejak kuartal I dan akan berlanjut ke kuartal II. Salah satunya terlihat dari pembayaran THR yang lancar tanpa kendala.

Lalu, kapan THR untuk PNS cair seluruhnya? Baca di sini.

2. Kurs Rupiah Kembali Menguat, Ini Penjelasan BI

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS kembali menguat pada Kamis (23/5/2019). Padahal, sehari sebelumnya kurs rupiah loyo, hingga menyentuh level Rp 14.500 per dollar AS.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan, nilai tukar rupiah kembali menguat setelah sempat melemah terhadap dollar AS. Menurut Perry, hal ini disebabkan faktor global, terutama akibat perang dagang AS dan China yang masih memanas.

Tidak hanya itu, eksportir juga banyak yang menjual devisa hasil ekspor (DHE) ke pasar valas.

Apakah rupiah akan lanjutkan penguatan? Baca di sini.

3. 10 Negara Berikut Tawarkan Pendapatan Tinggi untuk Ekspatriat

Anda berminat untuk bekerja dan membangun karier di luar negeri? Mungkin 10 negara berikut bisa Anda pertimbangkan lantara memberikan penawaran gaji yang menarik untuk pegawai-pegawai asing.

Dikutip dari Bloomberg, Kamis (23/5/2019), Jepang menjadi negara yang memberikan penawaran pendapatan paling baik di Asia untuk para ekspatriat.

Rata-rata gaji yang dibayarkan oleh perusahaan-perusahaan Jepang kepada pekerja asing level menengah bisa mencapai 386,451 dollar AS per tahun, melampaui penawaran di negara-negara lain di kawasan Asia.

Apa saja 10 negara tersebut? Baca selengkapnya di sini.

4. Menghitung Potensi Kerugian Pedagang Tanah Abang akibat Kerusuhan

Para pedagang di Pasar Tanah Abang terpaksa menutup tokonya, tidak bisa berjualan akibat dampak aksi kerusuhan yang terjadi pada 22 Mei 2019.

Hal ini tentu berdampak langsung pada pendapatan para pedagang di Pasar Tanah Abang. Lantas berapa potensi kerugian pedagang akibat dampak aksi 22 Mei tersebut?

Promotion Manager Pusat Perbelanjaan Tanah Abang Hery Supriyatna mengungkapkan, kerugian pedagang bisa dihitung dari nilai omzet pedagang yang hilang akibat tidak berdagang pada 22 Mei.

Berapa besar kerugiannya? Baca di sini.

5. Jangan Mengeluh Sibuk, Kelola Stress Anda dengan 5 Latihan Ini

Orang yang sering mengeluh tentang betapa stres hidupnya berarti adalah orang yang tidak memprioritaskan manajemen stres.

Anda perlu mengubah rutinitas Anda untuk memanajemen stres. Dikutip dari buku "The Healing Self" Karya Deepak Chopra dalam CNBC, Kamis (23/5/2019), berikut ini beberapa praktik yang bisa Anda lakukan dalam rutinitas harian agar terbebas dari stres.

Bagaimana cara mengelola stres? Baca selengkapnya di sini.

https://money.kompas.com/read/2019/05/24/071100226/-populer-money-thr-pns-cair-sebagian-kurs-rupiah-kembali-menguat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke