Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sepanjang Ramadhan, Kemendag Gelar Bazar Bahan Pokok Murah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) secara bertahap menyelenggarakan Bazar Ramadhan di beberapa titik di Indonesia untuk menyediakan barang kebutuhan pokok bagi masyarakat dengan harga terjangkau.

Kegiatan ini menjadi rutinitas Kemendag dari tahun ke tahun. Adapun total omzet penjualan Bazar Ramadhan tahun 2018 lalu mencapai Rp 2,38 miliar.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag Veri Anggrijono mengatakan, harga yang dijual di bazaar akan lebih murah dari harga pasaran. Sebab, di bazar ini, produsen didekatkan langsung ke konsumen sehingga memangkas biaya distribusi dan lebih efisien.

"Kegiatan ini merupakan komitmen pemerintah untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan kebutuhan pokok bagi masyarakat. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan para pelaku usaha yang melaksanakan kebijakan pemerintah sehingga harga komoditas tetap terjaga,” ujar Veri dalam keterangan tertulis, Jumat (24/5/2019).

Bazar Ramadhan yang saat ini tengah berjalan digelar di kantor Standardisasi dan Pengendalian Mutu mulai 23-24 Mei 2019. Selanjutnya, bazar serupa akan dilaksanakan di kantor pusat Kementerian Perdagangan pada 27-29 Mei 2019.

Sebelumnya, sudah ada dua kegiatan Bazar Ramadhan yang digelar, yakni di Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemeteorologian, Bandung pada 16-17 Mei 2019 dan di kantor Pusdiklat Perdagangan, Depok, pada 20-21 Mei 2019.

Barang kebutuhan pokok yang dijual di bazaar ini meliputi beras, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, telur ayam, cabai, bawang, dan komoditas pangan pokok lainnya. Selain itu, ada pula produk-produk UKM yang dipasarkan di sana.

Veri berharap penyelenggaraan bazaar ini dapat menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan menjelang Lebaran dengan harga terjangkau.

"Dihaapkan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya di lingkungan sekitar kantor Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu," kata Veri.

Pada Bazar Ramadhan ini, minyak goreng dijual dengan harga Rp 10.000 per liter, daging sapi beku seharga Rp 78.000 per kilogram, daging kerbau Rp 60.000 per 900 gram, daging ayam Rp 30.000 per kilogram, bawang putih Rp  20.000 per kilogram, cabai merah keriting Rp 20.000 per kilogram, telur Rp 20.000 perkilogram, serta beras premium Rp 11.000 per kilogram.

https://money.kompas.com/read/2019/05/24/131800526/sepanjang-ramadhan-kemendag-gelar-bazar-bahan-pokok-murah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke