Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Percepat Proses Buka Rekening, Bank Mandiri Syariah Perluas Pemanfaatan Data Dukcapil

"Proses pembukaan rekening menjadi lebih cepat karena data otomatis tersedia dan akurat," ujar Direktur Utama Mandiri Syariah Toni EB Subari dalam keterangan tertulis, Jumat (24/5/2019).

Sebenarnya, Mandiri Syariah telah memanfaatkan NIK data kependudukan dan e-KTP Dukcapil sejak 2016.

Hanya saja, saat ini data Dukcapil dijadikan standar pembukaan rekening. Nasabah yang belum terdaftar di Dukcapil diminta mendaftar terlebih lebih dulu sebelum membuka rekening di Mandiri Syariah. Selain Mandiri Syariah, sebanyak 22 bank dan lembaga keuangan nonbank juga menandatangani perjanjian pemanfaatan data NIK dan KTP elektronik.

Toni berharap Mandiri Syariah dapat memanfaatkan data yang lebih luas untuk kebutuhan pengembangan dan transaksi perbankan.

‘’Di era financial technology, data Dukcapil memiliki peran penting,’’ kata Toni.

Diketahui, data Dukcapil dikenal dengan akurasinya. Hal ini dapat membanyu bank dalam proses Know Your Customer (KYC). Selain itu, data Dukcapil juga membantu dalam perlindungan keamanan dan sekaligus mempercepat pelayanan dan efisiensi biaya.

https://money.kompas.com/read/2019/05/24/194300126/percepat-proses-buka-rekening-bank-mandiri-syariah-perluas-pemanfaatan-data

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke