Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub Apresiasi Arus Mudik Aman dan Lancar

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menyampaikan arus mudik Lebaran 2019 berlangsung aman dan lancar. Tidak ada kendala berarti selama masa Angkutan Lebaran beberapa hari yang telah ditentukan.

Oleh karena itu, Budi memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan angkutan Lebaran tahun ini.

"Satu hal yang menggembeirkan bahwa ada data yang muncul yaitu angka kecelakaan menurun drastis dari Kakorlantas Polri turun 50 persen dibandingkan tahun lalu," kata Budi dalam jumpa pers di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (4/6/2019).

Menurut Budi, capaian menekan angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) ini terbilang berhasil dilakukan. Karena pada tahun ini pihaknya tidak hanya fokus mewujudkan mudik lancar, tetapi juga meningkatkan keselamatan.

"Oleh karenanya kami apresiasi kerja sama Pemeritah Pusat, Polri, Pemda, Kapolres yang sistematis mereka bekerja dengan baik. Pasar tumpah, pom bensin, dan tempat yang terjadi kemacetan dilakukan penjagaan, dan kanalisasi," ujarnya.

"Beberapa hal siginfikan tidak ada kemacetan di Nagereg, ada kanalisasi di ribuan andong dibayar Pemda untuk tidak beroperasi sehingga jalan tidak macet dan bisa jalan baik," tambahnya.

Budi menambahkan, selama ini beberapa upaya telah dilakukan pemerintah untuk memperbaiki dan mewujudkan transportasi yang baik pula. Misalnya, pembangunan sejumlah ruas tol dan ini dinilai memberikan dampak positif pada arus mudik kali ini yang lancar.

"Kegiatan mudik dari yang kami amati terutama dari darat, apa yang sudah kami lakukan dalam beberapa tahun ini di mana Indonesia melakukan suatu upaya pembangunan infrastruktur secara sistematis dengan jalan tol," tuturnya.

Menhub menyebutkan, mudik tahun ini jumlah pemudik di beberapa lokasi menunjukkan grafik kenaikan dari tahun sebelumnya. Ini diperkirakan karena fasilitas dan infrastruktur modal transportasi sudah baik sehingga animo masyarakat untuk mudik tinggi.

"Beberapa angka yang menunjukkan bahwa jumlah pemudik baik ke Jawa Barat, ke arah Merak dan ke arah Timur, Semarang, Solo ada kenaikan yang cukup signifikan. Dan hari ini, terjadi penurunan (jumlah pemudik) kareba mudik sudah lakukan sejak beberapa hari lalu," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2019/06/05/060500926/menhub-apresiasi-arus-mudik-aman-dan-lancar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke