Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

737 MAX Belum Bisa Terbang, Qatar Airways Tuntut Ganti Rugi ke Boeing

DOHA, KOMPAS.com - Maskapai Qatar Airways dikabarkan bakal menuntut ganti rugi dari pabrikan pesawat Boeing. Ini lantaran dilarang terbangnya 3 unit pesawat Boeing 737 MAX yang dioperasikan oleh Air Italy.

Qatar Airways merupakan pemegang saham mayoritas Air Italy. Menyusul kecelakaan di Indonesia pada Oktober 2018 dan Ethiopia pada Maret 2019, pesawat Boeing 737 MAX di seluruh dunia dilarang terbang dan kontrak pemesanan senilai jutaan dollar AS pun dibatalkan.

"Di Qatar Airways kami tidak mengoperasikan satu pun pesawat MAX, (akan tetapi pelarangan terbang) memengaruhi investasi kami di Air Italy," kata CEO Qatar Airways Akbar El-Baker seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (9/6/2019).

El-Baker menyatakan, Air Italy mengoperasikan 3 unit pesawat Boeing 737 MAX dalam jajaran armadanya. Sehingga, pelarangan terbang terhadap pesawat jenis tersebut turut memengaruhi Qatar Airways sebagai pemegang saham.

Qatar Airways membeli 49 persen saham Air Italy pada tahun 2017. Air Italy adalah maskapai terbesar kedua di Italia setelah Alitalia, yang sebagian sahamnya dimiliki oleh maskapai asal Abu Dhabi, Etihad.

"Boeing harus memberikan kami kompensasi karena pelarangan terbang," sebut El-Baker, tanpa menyebut potensi kerugian yang diderita maskapai yang dipimpinnya.

Sementara itu, Qatar Airways juga tengah menjajaki ekspansi di bisnis kebandarudaraan. Qatar Airways dikabarkan tengah dalam pembicaraan untuk mencaplok 20 persen saham bandara Vnukovo di Rusia.

Bandara Vnukovo adalah bandara terbesar ketiga di Rusia dari sisi lalu lintas penumpang, yakni 21 juta orang pada 2018. Adapun bandara terbesar di Rusia adalah Bandara Sheremetyevo dan Domodedovo, yang masing-masing menampung 46 juta dan 29 juta penumpang pada tahun lalu.

https://money.kompas.com/read/2019/06/09/081600226/737-max-belum-bisa-terbang-qatar-airways-tuntut-ganti-rugi-ke-boeing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke