Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menginvestasikan Uang untuk Pendidikan Anak, Simak 3 Tipsnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyimpan uang untuk pendidikan tinggi anak-anak adalah salah satu persyaratan jangka panjang yang harus dilakukan oleh sebagian besar orang tua.

Sebab, biaya yang dikeluarkan untuk pendidikan tinggi anak kian meningkat dari hari ke hari. Bahkah biaya kursus pun sudah semakin mahal.

Ada berbagai cara yang perlu dilakukan agar biaya pendidikan tinggi anak dapat dipenuhi dengan baik. Salah satunya tentu dengan invatasi.

Berikut 3 tips investasi untuk pendidikan tinggi anak seperti dikutip dari Etnownews.com, Kamis (13/6/2019).

1. Investasi imbal hasil tinggi

Untuk memenuhi tujuan jangka panjang, Anda harus berinvestasi dalam opsi yang memungkinkan imbal hasil yang tinggi. Seperti investasi saham dan reksa dana saham.

Tujuan utama berinvestasi dalam ekuitas dan produk terkait ekuitas lainnya adalah untuk memaksimalkan keuntungan dalam jangka panjang.

Sebab opsi tersebut akan memberikan pengembalian yang lebih baik dibandingkan dengan opsi investasi lain seperti deposito bank atau deposito berjangka.

2. Jangan berinvestasi terlalu banyak

Seseorang yang menginvestasikan sejumlah besar uangnya harus menahan diri dari berinvestasi berlebihan. Penghematan yang berlebihan atau investasi yang berlebihan harus dihindari karena hal itu mengarah pada pemotongan biaya tambahan.

Lantas harus seberapa banyak investasi?

Untuk mengatasi situasi ini, seseorang harus menghitung jumlah investasi berdasarkan biaya pendidikan yang sedang berlangsung dan mempertimbangkan tingkat inflasi.

Misalnya, jika anak Anda bersedia untuk mengejar ilmu kedokteran setelah 10 tahun dari sekarang, maka Anda harus menghitung total biaya rata-rata kursus medis saat ini. Kedua, Anda harus memperhitungkan kenaikan biaya sekolah secara konservatif.

3. Mulai lebih awal

Memulai investasi lebih awal dapat mengurangi beban Anda. Pasalnya, Anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk meningkatkan jumlah investasi.

Bahkan, Anda dapat memulai investasi sejak kelahiran anak, terlepas dari progran apa yang anak Anda minati saat dewasa kelak.

https://money.kompas.com/read/2019/06/13/103000026/menginvestasikan-uang-untuk-pendidikan-anak-simak-3-tipsnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke