Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penawaran Obligasi Waskita Beton Precast Kelebihan Permintaan 2,18 Kali

JAKARTA, KOMPAS.com - Penawaran awal Obligasi Berkelanjutan I Tahap I Tahun 2019 yang ditawarkan oleh PT Waskita Beton Precast (Tbk) telah dilakukan dan oversubscribe alias kelebihan permintaan. Total permintaan yang masuk sebanyak Rp 1,091 triliun atau 2,18 kali dari jumlah yang ditawarkan sebanyak Rp 500 miliar.

“WSBP memilih momentum yang tepat dalam penerbitan obligasi ini, sama seperti ketika melakukan IPO pada tahun 2016 lalu,” Ujar Direktur Keuangan WSBP Anton Y Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/6/2019).

Menurut dia, momentum tersebut didukung dengan adanya peningkatan peringkat Indonesia dari S&P menjadi BBB (investment grade). Selain itu, tren penurunan suku bunga dan banyaknya obligasi yang jatuh tempo juga menambah permintaan, serta dikombinasikan dengan posisi keuangan perseroan yang sehat dan atraktif.

Penerbitan obligasi dilakukan dengan beberapa faktor pendorong, yaitu sebagai alternatif pendanaan lain dari perbankan yang selama ini digunakan oleh perusahaan, untuk memenuhi kebutuhan investasi jangka menengah-panjang perusahaan lantaran jatuh tempo obligasi yang cenderung lebih panjang.

"Hasil penerbitan obligasi ini nantinya akan digunakan untuk modal kerja perusahaaan sebesar 40 persen untuk mendukung penyelesaian proyek-proyek eksisting, dan sebesar 60 persen untuk investasi pembangunan pabrik yang rencananya akan dibangun di Penajam, Kalimantan Selatan," ujar Anton.

Selain itu, hasil penerbitan obligasi juga bakal digunakan unguk investasi penambahan kapasitas pabrik eksisting di daerah Bojonegara, Banten dan Gasing, Sumatera Selatan. Adapun Obligasi Berkelanjutan tahap selanjutnya yaitu senilai Rp 1,5 triliun akan dilakukan paling cepat pada kuartal III-2019.

https://money.kompas.com/read/2019/06/19/184226826/penawaran-obligasi-waskita-beton-precast-kelebihan-permintaan-218-kali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke