Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bicarakan Keuangan dengan Pasangan Tanpa Bertengkar, Ini 4 Caranya

NEW YORK, KOMPAS.com - Membicarakan masalah keuangan, termasuk dengan pasangan, kerap dipandang sulit untuk dilakukan. Bahkan, para psikolog mengungkapkan, orang cenderung pilih berbicara tentang topik apapun selain uang.

Dilansir dari The Balance, Jumat (21/6/2019), sebuah studi pernah mengestimasikan bahwa isu keuangan mendorong 90 persen kasus perceraian. Namun, sebenarnya Anda bisa dengan nyaman membicarakan keuangan dengan pasangan Anda.

Jean Chatzky, penulis buku Talking Money, memberikan sejumlah tips agar Anda sukses membicarakan keuangan dengan pasangan tanpa bertengkar. Berikut ini uraiannya.

1. Pilih waktu yang netral

Jangan membicarakan masalah keuangan apabila pasangan Anda misalnya sedang mengalami masalah keuangan, sepertu kartu kredit, utang, atau isu finansial lainnya. Tujuannya adalah agar Anda dan pasangan dapat berdiskusi dalam suasana yang tenang dan santai.

2. Saling mendengarkan dan memberi opini

Jangan segan untuk lebih dahulu mengutarakan opini Anda tentang satu topik keuangan dan ini akan mendorong pasangan melakukan hal yang sama. Jika hubungan Anda dan pasangan adalah prioritas utama, kata Chatzky, maka Anda berdua pasti bersedia untuk negosiasi.

"Bagikan perasaan, pengalaman, dan harapan Anda tentang uang. Diskusikan bagaimana orang tua Anda menangani masalah finansial, apa artinya itu bagi Anda saat dewasa, dan bagaimana mengurus keuangan dalam hubungan-hubungan terdahulu," jelas Chatzky.

3. Ketahui posisi Anda

Jujurlah pada diri sendiri tentang perasaan Anda. Semisal bila Anda selalu menjadi pribadi yang mandiri, akan aneh rasanya ketika kondisi finansial Anda terbagi dengan pasangan, atau pasangan mengurus tagihan-tagihan.

Apabila Anda memiliki aset lebih banyak dibanding pasangan, Anda barangkali cemas terkait kepemilikannya. Atau Anda bisa saja kesal dengan perilaku keuangan pasangan Anda.

"Anda harus jujur pada diri sendiri tentang perasaan-perasaan itu, dan jujurlah pula pada pasangan Anda," tutur Chatzky.

4. Undang pihak ketiga

Apabila Anda masih juga tidak nyaman membicarakan keuangan dengan pasangan, maka Anda bisa mengundang pihak ketiga. Perencana keuangan, psikolog, atau konselor pernikahan bisa membantu memecahkan masalah Anda.

https://money.kompas.com/read/2019/06/21/092400026/bicarakan-keuangan-dengan-pasangan-tanpa-bertengkar-ini-4-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke