Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisatawan ke Luar Negeri Melonjak, Passpod Raup Laba Bersih Rp 2,98 Miliar

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang 2018, perusahaan penyedia layanan mobile wifi Passpod memperoleh laba bersih sebesar Rp 2,98 miliar. Sebagai penyedia teknologi untuk melancong, pertumbuhan tersebut ditopang meningkatnya wisatawan Indonesia ke luar negeri.

Data  Asosiasi  Travel  Agent  Indonesia (Asita) menunjukkan bahwa pertumbuhan wisatawan Indonesia ke  luar  negeri diperkirakan meningkat 10 persen sebesar 10,7 juta wisatawan di   2019. Negara tujuan utamanya yakni Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang dan Korea Selatan.

"Pemanfaatan momentum peak season untuk negara-negara tujuan favorit dan penawaran paket bundling tiket atraksi di negara tujuan memberikan hasil yang sangat signifikan," ujar CEO Passpod Hiro Whardana dalam keterangan tertulis, Jumat (21/6/2019).

Passpod telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan melaporkan per 31 Desember 2018 telah menggunakan Rp 41.795.287.121 atau sebesar 89,94 persen dari dana hasil penawaran umum perdana saham (IPO) yang totalnya Rp 46.468.500.000.

Dana ini digunakan untuk modal kerja sebesar Rp 40 miliar, seperti penambahan jumlah modem dan infrastruktur lainnya. Dana juga dipakai untuk pengembangan aplikasi sebesar Rp 1,4 miliar.

Ke depan, kata Hiro, ada lima fokus strategi bisnis Passpod di 2019. Fokusnya adalah menambah pilihan fitur pada aplikasi, memperluas wilayah pemasaran, fokus pada kegiatan pemasaran digital, penjajakan teknologi terbaru softsim dan esim serta memasuki bisnis inbound tourism.

"Berbagai fitur baru serta penawaran bundling penyewaan modem dan tiket atraksi negara tujuan favorit telah kami siapkan untuk menyambut berbagai momentum liburan di tahun ini," kata Hiro.

Dari sisi pengembangan teknologi, tahun ini Passpod telah menambah fitur baru di aplikasi mobile Passpod seperti asuransi perjalanan, perencanaan perjalanan, dan fitur e-commerce di portal Passpod.com. Saat ini, fitur e-commerce telah menjual promo liburan, asuransi, dan berbagai kebutuhan penunjang wisata lainnya.

https://money.kompas.com/read/2019/06/22/060000726/wisatawan-ke-luar-negeri-melonjak-passpod-raup-laba-bersih-rp-2-98-miliar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke