Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos Krakatau Steel: Proses Restrukturisasi, Tentu Ada yang Tidak "Happy"

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim mengatakan, sedang berusaha melakukan transformasi dan restrukturisasi perusahaan sejak Januari 2019.

Ia menyadari, tidak semua orang akan senang dengan upaya yang sedang dilakukan oleh perusahaan. Namun ia memastikan, transformasi perlu dilakukan.

"Tentu dalam proses transformasi dan restrukturisasi ada yang tidak happy, tapi ini upaya agar KS bisa survive," ujarnya kepada Kompas.com, Jakarta, Sabtu (22/6/2019).

Sejak ditunjuk sebagai nakhoda baru Krakatau Steel pada September 2018 lalu, Silmy menyadari pentingnya upaya penyelamatan perusahaan.

Sebab ungkap dia, sejak 10 tahun lalu ungkapnya, Krakatau Steel sudah menyimpan sejumlah persoalan. Akibatnya perusahaan pelat merah itu harus rugi 7 tahun berturut-turut.

Salah satu jalan restrukturisasi yang diambilnya yakni melakukan perampingan struktur. Sejumlah unit atau divisi rencananya akan digabungkan ke anak usaha Krakatau Steel.

Hal ini diyakini akan membuat kinerja perusahaan secara grup akan semakin optimal. Konsekuensinya, sejumlah karyawan akan dipindahkan.

Namun Krakatau Steel, kata Silmy, akan memberikan opsi lain kepada karyawan saat menawarkan pemindahan dalam proses restrukturisasi.

"Pasti ada yang saya reposisi, biasanya ada yang enggak mau, ya bisa mengundurkan diri atau program pilih pensiun dini. Simple sebenarnya," ujarnya.

Dalam beberapa hari terakhir, Krakatau Steel diterpa isu PHK ribuan karyawan. Sejumlah media menuliskan pemberitaan terkait hal itu.

Silmy enggan menyebut isu sebagai hoaks karena ia menilai pemutusan hubungan kerja bisa terjadi sebagai konsekuensi dari restrukturisasi yang dilakukan.

https://money.kompas.com/read/2019/06/22/174600126/bos-krakatau-steel--proses-restrukturisasi-tentu-ada-yang-tidak-happy-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke