Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AirAsia Mulai Tertarik Indonesia Timur, Ini Rute yang Dilirik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memberikan keleluasaan kepada AirAsia Indonesia untuk menerbangi rute-rute di luar rute gemuk atau ramai.

Hal ini disambut baik AirAsia Indonesia dengan memberikan kepastian membuka rute penerbangan ke wilayah Indonesia timur.

"Sudah ada dua yang terealisasi," ujar CEO AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan di Jakarta, Senin (25/6/2019).

Hari ini AirAsia mengumumkan akan membuka 5 rute penerbangan domestik, salah satunya yakni Bali-Labuan Bajo. Penerbangan ini akan dilakukan mulai 1 Agustus 2019.

Selain Labuan Bajo, Dendy mengatakan bahwa AirAsia juga melirik rute penerbangan ke Sorong, Papua Barat. Saat ini hal itu masih didiskusikan di internal perusahaan.

"Kami juga ingin terbang ke Sorong seperti yang diharapkan pemerintah juga," kata dia.

"Tetapi kami juga ingin ke daerah lain yang wisata atau bagaimana bisa dikembangkan juga dengan penerbangan AirAsia," sambung dia.

Sebelumnya, AirAsia Indonesia sudah membuka penerbangan ke Lombok. Bahkan Lombok juga dijadikan salah satu hub untuk membantu ekspansi ke Indonesia timur.

Pakan lalu, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menilai AirAsia Indonesia perlu diperbesar dalam hal persaingan maskapai domestik.

Ia bahkan mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan keleluasaan kepada AirAsia Indonesia dengan tidak memberikan rute gemuk, namun juga rute kering.

Hal itu ia sampaikan saat ditanya terkait wacana mengundang maskapai asing ke Indonesia.

"Kalau maskapai asing kan sudah ada. Sementara saya kira kita kasih AirAsia aja dulu kita besarkan," ujarnya di Jakarta, Jumat (21/6/2019).

https://money.kompas.com/read/2019/06/24/190200426/airasia-mulai-tertarik-indonesia-timur-ini-rute-yang-dilirik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke