Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menko Darmin Tak Mau Ambil Pusing soal Perang Dagang AS dan China

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku tak mau ambil pusing terkait perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

Ketimbang mengurusi urusan kedua negara tersebut, lanjut Darmin, lebih baik masyarakat mengambil peluang dari situasi tersebut.

“Memang namanya juga itu orang-orang (AS dan China lagi) perang, dia eskalasi sendiri. Sudahlah kita itu tidak ikut perang dagang kok jadi pusing,” ujar Darmin di Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Darmin menambahkan, akan lebih baik jika kita menggenjot investasi ketimbang memikirkan dampak perang dagang. Sebab, dengan menarik investasi ke dalam negeri bisa meningkatkan perekonomian nasional.

“Yang kita perlukan adalah bagaimana menarik orang datang investasi ke sini, supaya dia jangan kena urusan perang dagang. Carinya jangan yang susah, tapi yang enak dong,” kata Darmin.

Sebelumnya, Amerika Serikat telah mengumumkan pengenaan tarif 25 persen untuk barang-barang China senilai 250 miliar dollar AS, mulai dari semikonduktor hingga furnitur, yang diimpor ke negara tersebut.

Presiden AS Donald Trump pun telah mengancam bakal mengenakan tarif pada barang lain senilai 325 miliar dollar AS, mencakup hampir semua produk impor China yang tersisa, termasuk produk-produk seperti ponsel, komputer dan pakaian.

https://money.kompas.com/read/2019/06/26/165807626/menko-darmin-tak-mau-ambil-pusing-soal-perang-dagang-as-dan-china

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke