Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pinjam Uang, Lebih Baik ke Lembaga Keuangan Ataukah Fintech?

Lalu, sebaiknya manakah yang lebih baik kita pilih jika ingin meminjam uang?

"Baik di institusi keuangan atau pinjaman online, at least ada yang mengawasi dan legal, itu bisa jadi pilihan," kata CO-CEO Jouska Farah Dini Novita di Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Dini mengatakan, Anda juga harus melihat sifat hutang tersebut dan kebutuhan Anda. Menurutnya, jika memang tak terlalu membutuhkan, lebih baik hindari hutang tersebut. Pun ketika hutang tersebut bersifat jahat alias hutang konsumtif yang tidak bisa berputar ke penghasilan.

"Tapi kalau hutang jahat, ya lebih baik enggak, ya. Hutang yang baik adalah hutang yang maksimalnya hanya 30 persen dari penghasilan," saran dia.

Sekalipun terpaksa meminjam uang di institusi keuangan maupun peminjam online, Anda harus pastikan bunga dari pinjaman yang Anda ajukan.

"Ini pinjaman online lihat lagi bunganya. Kalau sampai 18 persen, tabungan dan deposito saja enggak sampai segitu. Investasi saja naiknya belum tentu segitu," ucap Dini.

Kemudian, kata Dini, bandingkan bunga dari peminjam online dengan institusi keuangan seperti perbankan. Asal, jangan meminjam uang di lembaga tidak jelas seperti rentenir yang biasanya menyasar kelas menengah ke bawah.

"Bandingkan. Kalau memang terlalu besar lebih baik lari ke bank. Bank itu biasanya bunganya lebih rendah. Tapi ke yang legal-legal saja sehingga kalau terjadi apa-apa bisa dilaporin. Kalau enggak jelas dan bawa rentenir gimana? Mau laporin ke siapa? Paling lapor polisi, tapi polisi enggak siap sedia di dekat kita juga," ungkap Dini.

https://money.kompas.com/read/2019/06/27/120800726/pinjam-uang-lebih-baik-ke-lembaga-keuangan-ataukah-fintech-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke