Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BEI Minta Garuda Tidak Telat Serahkan Revisi Laporan Keuangan

Jika molor dari waktu tersebut, maka BEI bisa mengenakan sanksi.

"Ke depan kami pantau deadline dari penyampaian revisinya. Begitu melebihi dari jadwal, maka kami  akan lakukan tindakan," ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna di Gedung BEI, Jakarta, Senin (1/7/2019).

Terkait sanksi diatur dalam Peraturan BEI Nomor I-H tentang Sanksi, di mana pengenaan sanksi dilakukan bertahap. Dalam peraturan tersebut dinyatakaan bahwa jika perusahaan terlambat memberikan revisi laporan keuangan selama 1 hingga 30 hari dari tenggat waktu, maka bursa akan memberikan surat peringatan tertulis pertama atau SP1.

Jika molor selama 31 hingga 60 hari, maka dikenakan SP 2 dan denda Rp 50 juta. Selanjutnya, jika mundur hingga 90 hari, dikenakan SP3 serta denda Rp 150 juta. Tak menutup kemungkinan BEI akan melakukan suspensi kepada Garuda jika tak kunjung melaporkan setelah mendapat peringatan ketiga.

"Proses suspensi mengikuti ketentuan yang ada," kata Nyoman.

Saat ini, kata Nyoman, BEI dalam posisi memonitor Garuda Indonesia dalam memperbaiki laporannya. Termasuk memberi masukan apa yang perlu direvisi sehingga laporannya bisa diterima.

"Kami akan monitor dengan ketat. Kalau analoginya, sebagai wali kelas kami tidak ingetin anak-anak kami kena sanksi," kata Nyoman.

Pengenaan sanksi dan perintah tertulis terhadap Garuda Indonesia, Direksi dan atau Dewan Komisaris, AP, dan KAP oleh OJK diberikan sebagai langkah tegas OJK untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap industri pasar modal Indonesia.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan menjatuhkan sanksi kepada Akuntan Publik (AP) Kasner Sirumapea dan Kantor Akuntan Publik (KAP) Tanubrata, Sutanto, Fahmi, Bambang & Rekan, selaku auditor laporan keuangan Garuda Indonesia.

Sanksi diberikan setelah Kemenkeu memeriksa AP/KAP tersebut terkait permasalahan laporan keuangan Garuda Indonesia tahun buku 2018.

Dalam pemeriksaan itu Kemenkeu menemukan adanya pelanggaran, khususnya pengakuan pendapatan atas perjanjian kerja sama dengan PT Mahata Aero Teknologi yang diindikasikan tidak sesuai dengan standar akuntansi.

https://money.kompas.com/read/2019/07/01/122300826/bei-minta-garuda-tidak-telat-serahkan-revisi-laporan-keuangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke