Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Menjaga Keuangan Tahunan Agar Tidak Jebol

Kunci utama keuangan yang tetap aman tentu saja perencanaan keuangan yang tepat. Berikut 5 cara agar keuangan Anda terjaga seperti dikutip dari Etnownews.com:

1. Perhitungkan pajak

Sebagian besar orang menyelesaikan tugas ini pada akhir tahun keuangan. Perencanaan awal akan memberi tahu Anda tentang instrumen penghematan pajak.

2.  Rencana asuransi tidak boleh dibeli secara membabi buta

Cari asuransi yang mampu memenuhi kebutuhan dan gaya hidup masa depan Anda. Melihat komitmen dan tanggungan finansial Anda serta keluarga menentukan jumlah asuransi yang tepat. Anda bahkan dapat mengambil bantuan penasihat keuangan untuk memilih paket dan perlindungan yang tepat.

3. Dianjurkan untuk meninjau investasi dari waktu ke waktu

Jika Anda mengetahui bahwa beberapa rencana investasi tertentu tidak berkinerja baik, maka jangan menghindar dan langsung mengalihkannya ke rencana lain. Selalu perhatikan lima hingga enam tahun sejarah pengembalian sebelum melakukan investasi baru. Cobalah untuk membuat rencana setelah melihat imbal hasilnyan

4. Selalu periksa arus kas Anda

Lacak penghasilan dan pengeluaran Anda dan pastikan bahwa pengeluaran Anda tidak boleh lebih dari penghasilan Anda. Kurangi pengeluaran tambahan yang tidak perlu dan investasikan uang tersebut dalam dana darurat Anda. Dana darurat sangat berguna selama krisis keuangan. Ini memastikan uang tunai di tangan pada saat dibutuhkan.

5. Jangan terpikat oleh ide menghasilkan lebih banyak uang

Sebelum Anda menginvestasikan uang yang diperoleh dengan susah payah, pastikan bahwa opsi tersebut tidak berisiko. Jika Anda tidak memahami skema tertentu maka minta bantuan penasihat keuangan. Cobalah untuk menghindari memasukkan uang ke dalam dana atau opsi investasi yang tidak dimengerti.

https://money.kompas.com/read/2019/07/02/120400626/5-cara-menjaga-keuangan-tahunan-agar-tidak-jebol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke