Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lagarde Dikabarkan Jadi Calon Pimpinan Bank Sentral Eropa

Seperti dikutip dari BBC, Rabu (3/7/2019), beberapa bulan lalu, Lagarde telah dinominasikan masuk dalam bursa calon pimpinan bank sentral negara-negara kawasan Eropa tersebut.

"Tidak, tidak, tidak, tidak," ujar dia ketika tahun lalu ditanyai oleh media mengenai minatnya menduduki posisis puncak bank sentral Eropa.

Lagarde yang terkenal sebagai 'rockstar' bagi keuangan internasional mengatakan, dinominasikannya dirinya sebagai Gubernur ECB sebagai sebuah kehormatan.

Memiliki kesan cepat tanggap, cantik dan tegas ketika berbicara menjadikan dirinya sebagai salah satu duta besar Eropa yang paling berpengaruh di dunia keuangan internasional/

Dengan asumsi nominasi yang telah ditandatangai oleh kelompok Eurozone, Lagarde bakal menjadi pemimpin perempuan pertama bank sentral yang bertanggung jawab atas stabilitas mata uang euro juga kebijakan moneter kawasan Eurozone.

Hingga akhir pekan ini, pesaing utama Lagarde sebagian besar adalah bankir laki-laki.

Lagarde hampir selalu mendapatkan label 'perempuan pertama' dalam setiap jenjang karirnya.

Lagarde yang mengawali karirnya sebagai pengacara sebelumnya mencatatkan sejarah sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai direktur konsultan hukum internasional Baker & McKenzie pada tahun 1999 sampai 2004 sebelum kemudian memegang jabatan sebagai Menteri Ekonomi, Keuangan dan Pekerjaan, Menteri Pertanian dan Perikanan, hingga Menteri Perdagangan Perancis.

Lagarde merupakan perempuan pertama yang menjadi menteri keuangan di negara G8 dan menjadi perempuan pertama yang memimpin IMF.

Tidak mengherankan, sebab dia telah lama memperjuangkan dan mempromosikan perempuan agar menduduki posisi-posisi yang kuat. Menurutnya, hal tersebut adalah kunci untuk meningkatkan ekonomi dunia.

"Seperti yang telah saya katakan berkali-kali, jika itu adalah Lehman Sisters daripada Lehman Brothers, dunia mungkin terlihat jauh berbeda hari ini," katanya awal tahun ini.

Perempuan berambut perak yang telah berusia 63 tahun tersebut terkenal dengan staminanya yang begitu kuat. Lagarde adalah mantan perenang tim nasional Prancis, dan hampir setiap hari berolahraga, bahkan di tengah-tengah acara pertemuan penting.

Menduduki jabatannya saat ini, dia dipuji lantaran berhasil memimpin IMF di Washington pasca-krisis keuangan.

https://money.kompas.com/read/2019/07/03/091800526/lagarde-dikabarkan-jadi-calon-pimpinan-bank-sentral-eropa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke