Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Digitalisasi, Adira Insurance Terima 4.000 Pengajuan Klaim Tiap Bulan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Adira Dinamika atau Adira Insurance memandang teknologi digital merupakan hal penting untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah. 

CEO Adira Insurance Julian Noor mengatakan, di era modern saat ini perkembangan teknologi tidak bisa terelakkan. Hal ini bisa terlihat dari bermunculannya penggunaan teknologi untuk transportasi, usaha ritel dan lainnya, termasuk untuk jasa keuangan dan asuransi.

Pada bisnis asuransi, perkembangan teknologi ini juga tidak terlepas dari keinginan masyarakat yang menginginkan layanan serba praktis. Masyarakat tidak ingin lagi terbebani dengan pengurusan klaim yang berbelit dan pendaftaran premi yang menyita waktu.

"Sekarang semuanya ingin praktis sehingga penggunaan teknologi sangat dibutuhkan," kata Julian di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

"Adira Insurance melakukan transformasi layanan digital dari mulai hulu hingga hilir, yakni mulai dari informasi dan pembayaran produk, pengajuan klaim, hingga monitoring status pengerjaan klaim," ujarnya.

Sementara itu, Chief Operation and IT Officer Adira Insurance, Donny Gandamana menammbahkan, telah berupaya menciptakan layanan yang memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggannya.

"Adira Insurance menyiapkan berbagai strategi, dimana kami adalah pionirnya. Autocillin Mobile Claim (AMC) tahun ini ada pengembangan untuk fitur Track Claim. Pelanggan dapat melihat sendiri status pengerjaan kendaraannya secara real time melalui aplikasi AMC. Jumlah pelanggan yang menggunakan fitur ini terus bertambah," katanya.

Donny menjelaskan, pada 2019, Adira Insurance terus mengembangkan perangkat lunak untuk monitoring status pengerjaan unit kendaraan. Hingga kini, Adira Insurance telah melayani mitra bisnis untuk dapat melakukan monitoring status pengerjaan unit kendaraan.

”Business partner dapat melihat secara langsung unit-unit yang sedang dalam pengerjaan klaim. Mereka akan mendapatkan dashboard yang tersambung ke aplikasi Monitoring Status Pengerjaan Klaim milik Adira Insurance. Masing-masing unit akan diketahui sudah sampai mana pengerjaannya secara real time. lni menjadi keunggulan kami dibandingkan perusahaan lainnya,” ujarnya.

Sepanjang 2019 laporan klaim yang masuk menggunakan aplikasi Autocillin Mobile Claim sudah lebih dari 4.000 laporan setiap bulannya, mencapai lebih dari 95 persen total klaim kendaraan bermotor roda 4. Seluruh proses Iaporan dan follow up menggunakan satu sistem yang juga sudah terintegrasi dengan bengkel rekanan Adira Insurance.

"Tiap tahun, usage customer AMC mengalami peningkatan. Tahun ini mencapai 76 persen meningkat dibandingkan pertama kali AMC diluncurkan 2016, sebesar 17 persen. lni artinya AMC semakin diterima pelanggan," sambung dia.

https://money.kompas.com/read/2019/07/04/135331726/digitalisasi-adira-insurance-terima-4000-pengajuan-klaim-tiap-bulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke