Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Negosiasi Perdagangan AS dan China Kembali Berlanjut

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pejabat Kementerian Perdagangan Amerika Serikat bakal kembali melakukan diskusi perdagangan dengan pejabat China pada Selasa (10/7/2019) waktu setempat.

Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin bakal berdiskusi dengan Perdana Menteri China Liu He dan Menteri Perdagangan Zhong Shan untuk meneruskan proses negosiasi di antara kedua negara tersebut.

Dilansir dari CNBC, Rabu (10/7/2019), dalam keterangan resmi dari pemerintah AS dijelaskan, kedua negara ekonomi terbesar di dunia tersebut bakal menyelesaikan masalah-masalah utama terkait perselisihan dagang mereka.

Kementerian perdagangan China pun mengonfirmasi hal tersebut. Kedua belah pihak dinyatakan sepakat untuk menghindari semakin melebarnya konflik perdagangan yang berpotensi merusak iklim investasi global.

Adapun akhir bulan lalu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping bertemu di KTT G-20 Jepang dan sepakat untuk tidak memberlakukan tarif baru.

Trump telah mendorong Beijing untuk membeli lebih banyak produk Amerika Serikat dan menyelesaikan masalah pencurian kekayaan intelektual.

Sebelumnya, penasihat ekonomi utama Gedung Putih Larry Kudlow, mengatakan pemerintahan Trump menilai menjadi penting bagi China untuk membeli produk pertanian AS selama proses negosiasi berlangsung.

Kudlow pun mengatakan, tidak ada batas waktu tertentu selama proses negosiasi berlangsung. Dia menilai, yang terpenting dari proses negosiasi adalah kualitas, bukan kecepatan.

https://money.kompas.com/read/2019/07/10/170721926/negosiasi-perdagangan-as-dan-china-kembali-berlanjut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke