Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertamina Uji Coba Pembangkit Listrik Tenaga Biogas

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya Pertamina Power Indonesia (PPI) dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III melakukan engine test atau Factory Acceptance Test (FAT) atas komponen utama Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg).

Percobaan dilakukan pada 2 unit gas engine yang akan digunakan di PLTBg Sei Mangkei, Sumatera Utara.

Direktur Utama PPI Ginanjar mengatakan, Pembangkit Listrik Tenaga Biogas ini merupakan pembangkit energi baru dan terbarukan yang memanfaatkan limbah pabrik cair kelapa sawit  dan rencananya akan segera beroperasi pada November 2019.

Kegiatan konstruksi dilaksanakan sejak Desember 2018 dan saat ini sudah dalam tahap fase akhir pembangunan sipilnya dan dalam tahap instalasi komponen utama pembangkit.

“Kerja sama antara PPI dengan PTPN III merupakan suatu bentuk partnership yang ideal, karena merupakan kerja sama dua perusahaan nasional, lintas industri, dan dengan basis business to business,” ujar Ginanjar dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/7/2019).

Ginanjar berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat rentetan atau multiplier effect terhadap pengembangan energi baru dan terbarukan serta meningkatkan kemitraan di antara perusahaan nasional dan anak perusahaan BUMN.

“Kerja sama ini juga diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan leverage skema pendanaan proyek dari institusi keuangan nasional dan tidak tergantung pendanaan asing,” kata Ginanjar.

Selain itu, kerja sama PPI dan PTPN III juga merupakan upaya untuk mewujudkan konsep Green Economic Zone di KEK Sei Mangkei yang dapat menjadi rujukan pengembangan kawasan ekonomi yang mendukung pemanfaatan energi baru dan terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan.

“Ke depan, kedua belah pihak juga telah berencana untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di KEK Sei Mangkei untuk meningkatkan bauran pembangkit energi baru dan terbarukan,” ucap Ginanjar.

https://money.kompas.com/read/2019/07/13/170000426/pertamina-uji-coba-pembangkit-listrik-tenaga-biogas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke