Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ridwan Kamil: Jawa Barat Terdepan Kembangkan Ekonomi Kreatif

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut, provinsi yang dipimpinnya merupakan provinsi terdepan dalam pengembangan ekonomi kreatif. Sebab, Jawa Barat merupakan satu-satunya daerah yang telah mempunyai Peraturan Daerah (Perda) tentang ekonomi kreatif.

"Jawa Barat adalah provinsi terdepan dalam pengembangan ekonomi kreatif. Kenapa disebut terdepan? Karena satu-satunya provinsi yang sudah mempunyai peraturan daerah ekonomi kreatif yang UU nya sudah ada," kata pria yang akrab disapa Emil ini dalam Sosialisasi Rindekraf di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Apalagi saat ini pembangunan ekosistem ekonomi kreatif menjadi salah satu prioritas dalam pemerintahannya.

"Kami tahun ini ada 7 daerah dibangun pusat kreatif, bangunan besar tempat masyarakat berinteraksi berekonomi kreatif. Tahun depan ada 7 lagi. Feeling saya di Jawa Barat lebih dari 12 lokasi baru sekarang sedang dibangun untuk pusat pertumbuhan ekonomi," jelas Emil.

Sementara dari sisi ekonomi, 30 persen ekspor Jawa Barat didominasi ekonomi kreatif. Terlebih jika UU ekonomi kreatif yang telah dicanangkan berhasil, Ridwan menilai Jawa Barat akan menjadi wajah paling progresif dalam bidang ekonomi kreatif.

"Insha Allah kalau UU ekonomi kreatif berhasil di pusat Jawa Barat, kami akan jadi wajah paling progresif di ekonomi kreatif. sampai suatu hari di masa kepemimpinan saya, seluruh Jawa Barat punya gedung pusat kreatif anak mudanya," ungkap dia.

Sebelumnya, Emil juga berencana menerbitkan obligasi daerah (municipal bonds) untuk membiayai pembangunan fisik berskala besar sehingga ada alternatif pembiayaan lain dalam pembangunan tanpa bergantung dengan APBD. Dia pun menyebut Jawa Barat siap menerbitkan obligasi itu.

"Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang siap. Dengan Pak Ganjar (Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo) kita juga sering diskusi," kata Emil.

https://money.kompas.com/read/2019/07/15/155400926/ridwan-kamil-jawa-barat-terdepan-kembangkan-ekonomi-kreatif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke