Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peluang Pertumbuhan Produk Asuransi Milenial Masih Besar

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur dan CEO Sequis Life Tatang Widjaja mengatakan produk asuransi milenial masih berpeluang besar bagi industri asuransi. Sebab, saat ini penetrasi asuransi di Indonesia masih sangat minim.

Berdasarkan data dari Dewan Asuransi Indonesia, penetrasi asuransi Indonesia baru mencapai sekitar 6 hingga 7 persen tahun 2018. Jumlah ini terbilang masih sangat kecil jika dibanding jumlah populasi penduduk di Indonesia yang mencapai lebih dari 625 juta jiwa.

Dari jumlah tersebut, penduduk yang memiliki asuransi baru mencapai 1,7 persen.

Di sisi lain, penetrasi asuransi bagi milenial juga baru mencapai 6 persen. Padahal, populasi milenial saat ini lebih besar dibanding populasi usia produktif.

Hal ini menunjukkan milenial adalah pangsa pasar yang menarik bagi industri asuransi.

"Milenial ini adalah pangsa pasar yang sangat besar untuk digarap di kemudian hari. Untuk itu, industri asuransi harus create innovation, karena dengan berinovasi membuat kita lebih tajam berpikir," kata Tatang Widjaja dalam peluncuran M!Protection di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Terlebih, kata Tatang, Indonesia akan mengalami bonus demografi di tahun 2030. Di tahun itu, jumlah penduduk milenial bisa mencapai 90 juta jiwa. Jauh lebih banyak ketimbang generasi tidak produktif.

Tentu, pendekatan asuransi ke milenial pun tak bisa disamakan dengan generasi X atau baby boomers. Untuk bisa menggaet kaum milenial, industri asuransi mesti menciptakan produk kekinian dengan konsep digital maupun konsep lainnya yang sesuai dengan zaman.

"Model bisnisnya menggunakan platform digital. Untuk coaching, training, dan lain-lainnya bisa menggunakan akses digital. Karena kita industri asuransi, kita juga perlu menyeimbangkan online dengan offline-nya juga," jelas Tatang.

Kepala Agensi Milenial, Pelatihan, dan Pengembangan Bisnis Sequis Life Franky Nayoan menambahkan, peluang bisnis ini masih sangat besar karena milenial juga perlu perlindungan di samping sifatnya yang aktif dan dinamis.

"Milenial juga perlu perlindungan atau proteksi diri mengingat mereka suka hangout dan mencoba hal baru. Keberadaan milenial ini adalah salah satu cara untuk memperluas pangsa pasar asuransi. Apalagi Indonesia mendapat bonus demografi," kata Franky Nayoan.

"Melihat bonus demografi ini, industri asuransi harus mengembangkannya dari sekarang jika ingin mengambil pangsa pasar yang besar ini," pungkas dia.

https://money.kompas.com/read/2019/07/16/152900726/peluang-pertumbuhan-produk-asuransi-milenial-masih-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke