Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Survei BI: Pertumbuhan Kredit Diprediksi Meningkat di Kuartal III 2019

Peningkatan tersebut tercermin dari saldo bersih tertimbang (SBT) permintaan kredit baru pada kuartal II 2019 sebesar 78,3 persen. Angka lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal sebelumnya sebesar 57,8 persen.

Berdasarkan jenis penggunaan, peningkatan tersebut terutama bersumber dari kredit investasi dan kredit konsumsi.

Pada kuartal III 2019 pertumbuhan kredit baru diprakirakan meningkat, didorong oleh optimisme terhadap kondisi ekonomi yang menguat didukung oleh kondisi politik dan keamanan yang stabil pasca Pemilu, dan risiko penyaluran kredit yang relatif rendah.

"Sejalan dengan prakiraan meningkatnya pertumbuhan kredit baru, kebijakan penyaluran kredit pada kuartal III 2019 diprakirakan lebih longgar," demikian bunyi keterangan resmi yang dikeluarkan Departemen Komunikasi BI pada Rabu (17/7/2019).

Hal tersebut terindikasi dari Indeks Lending Standard (ILS) sebesar 0,8 persen, lebih rendah dibandingkan 12,4 persen pada kuartal sebelumnya. Pelonggaran standar akan dilakukan terhadap seluruh jenis kredit, dengan aspek kebijakan penyaluran kredit yang akan diperlonggar antara lain jangka waktu kredit dan agunan.

Hasil survei mengindikasikan responden tetap optimis terhadap pertumbuhan kredit untuk keseluruhan tahun 2019. Responden memprakirakan pertumbuhan kredit pada 2019 akan mencapai 11,2 persen.

Optimisme tersebut didorong oleh prakiraan relatif rendahnya risiko penyaluran kredit, serta masih terjaganya rasio kecukupan modal dan likuiditas bank.

https://money.kompas.com/read/2019/07/17/120730226/survei-bi-pertumbuhan-kredit-diprediksi-meningkat-di-kuartal-iii-2019

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke