Salin Artikel

Perempuan Wajib Berinvestasi, Ini Sebabnya

LONDON, KOMPAS.com - Dalam hidup, kesejahteraan tak hanya soal lahir dan batin, namun juga keuangan. Memperhatikan kondisi keuangan juga membentuk kesejahteraan dalam kehidupan Anda.

Salah satu kunci penting mencapai kesejahteraan keuangan adalah dengan berinvestasi. Namun demikian, banyak di antara kaum perempuan yang menghentikan langkah investasinya pada menabung.

Padahal, menempatkan penghasilan pada tabungan hanya memberikan bunga yang kecil. Menurut Helena Morrissey, pendiri 30% Club dan penulis A Good Time to be a Girl, perempuan harus melangkah lebih jauh dari sekedar menabung.

Morrissey yang juga kepala investasi di Legal & General Investment Management mengatakan, berinvestasi dapat menempatkan perempuan pada posisi yang lebih kuat secara finansial.

"Tidak ada periode dalam sejarah di mana orang tidak lebih baik dengan berinvestasi, sehingga uang Anda akan tumbuh. Meski tidak ada jaminan untuk masa depan, sebab berinvestasi bisa menguntungkan dan merugikan," jelas Morrissey seperti dikutip dari Good Housekeeping UK, Minggu (21/7/2019).

"Jika Anda berpikir (menabung) uang tunai lebih baik karena risikonya rendah, pikir ulang karena ada inflasi, sehingga Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih sedikit," ujar Morrissey.

Kecuali jika Anda memperoleh bunga yang lebih tinggi dari inflasi, Anda bisa kehilangan uang dengan menyimpan uang Anda di dalam tabungan. Jadi, dalam hal menabung untuk jangka panjang, berinvestasi bisa membuat uang bekerja lebih keras untuk Anda.

Nah, mengapa perempuan harus berinvestasi?

Menurut Morrissey, kaum perempuan sebetulnya adalah investor yang baik. Namun, kerap kali perempuan cenderung cemas dan tak jarang meyakini bahwa berinvestasi terlalu berisiko.

"Berinvestasi tidak mirip dengan berjudi dan tidak serumit itu ketika Anda sudah memulai. Faktanya, ketika perempuan sudah mulai (berinvestasi), mereka akan berinvestasi dengan baik," jelas Morrissey.

"Butuh waktu untuk membangun kekayaan, namun pikirkan ini layaknya berolahraga, Anda tidak bisa menjadi pelari maraton yang baik hanya dalam waktu semalam," imbuhnya.

Morrissey menyebut, meski menabung adalah hal baik dan ia sama sekali tak melarangnya, lantaran tahungan dibutuhkan untuk kebutuhan jangka panjang dan darurat. Namun, berinvestasi adalah hal yang harus dipertimbangkan untuk pertumbuhan yang riil dan untuk mencapai tujuan Anda.

Anda tak perlu kaya untuk berinvestasi dan semua orang bisa melakukannya. Akan tetapi, Anda harus berinvestasi dengan nyaman.

"Oleh karena itu, mulailah dengan jumlah yang kecil terlebih dahulu. Jangan terlalu khawatir dengan berapa banyaknya, hal terpenting adalah merasa nyaman dengan konsep investasi," terang Morrissey.

Ia menyarankan ketika Anda berinvestasi, pasanglah target untuk minimal lima tahun. Namun demikian, cek kembali portfolio investasi Anda setidaknya setahun sekali untuk memastikan portfolio itu masih bekerja untuk Anda.

Terakhir, jangan takut untuk berkonsultasi tentang investasi Anda. Temukan orang yang sudah terlebih dahulu berinvestasi sebagai panutan, bisa keluarga atau teman Anda.

"Jangan takut untuk membicarakan tentang uang dan temukan sosok panutan untuk memotivasi Anda," tutur Morrissey.

https://money.kompas.com/read/2019/07/21/110000126/perempuan-wajib-berinvestasi-ini-sebabnya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.