Salin Artikel

Wapres : Perencanaan Harus Memanfaatkan Teknologi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengatakan untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang andal harus direncanakan dengan baik. Selain itu, harus ada sentuhan teknologi di dalamnya.

"Apabila kita berbicara perencanaan pastinya kita berbicara masa depan, karena masa lalu adalah pengalaman. Ke depan kita harapkan yang terbaik, karena itulah kita saat ini, apabila kita berbicara perencanaan juga memanfaatkan teknologi," kata JK membuka Indonesia Development Forum (IDF) 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Menurut JK, dalam menciptakan SDM yang berdaya saing juga dibutuhkan kemampuan untuk melalukan inovasi. Hingga kini teknologi dinilai sangat penting untuk mendukung hal tersebut.

"Selama ini pemerintah membuat perencanaan dari atas ke bawah, tentu hari ini keinginan semua untuk mendapatkan ide-ide dari generasi muda, untuk menentukkan apa sebaiknya dari kita untuk masa depan," tuturnya.

Dia menjelaskan, selama ini pemerintah selalu mementingkan perencanaan untuk sesuatu hal. Begitu pula untuk pembangunan SDM yang andal dan berdaya saing. Sehingga apa yang sudah dicanangkan berjalan dan terwujud sebagaimana mestinya.

"Artinya adalah bahwa suatu negara ingin maju selalu merencanakan dengan baik apa yang ingin dilakukan, seperti yang kita katakan tadi," imbuhnya.

Ia menilai, kini masyarakat menghadapi banyak tantang di tengah kehadiran serta kemajuan teknologi. Artinya, teknologi telah banyak mengubah sendiri kehidupan salah satunya ialah perilaku.

"Bagaimana teknologi merupakan suatu kemajuan sekaligus tantangan. Teknologi mengubah banyak perilaku, contoh sederhana bagaimana teknologi Go-Jek mengubah kehidupan rumah tangga, mengubah kehidupan generasi muda," sebutnya.

"Ibu-ibu tinggal memesan dengan baik sudah (bisa) makan enak, teknologi mengubah semuanya dan merupakan tantangan," lanjutnya.

https://money.kompas.com/read/2019/07/22/155531726/wapres-perencanaan-harus-memanfaatkan-teknologi

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.