Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Berikan Kartu Kredit pada Anak Anda, Ini Alasannya

Tetapi, menurut Kevin O'Leary, seorang miliarder dan bintang program televisi Shark Tank mengatakan, hal itu salah. Alih-alih memberikan kartu kredit, lebih baik anak-anak diberikan kartu debit.

“Kapan anak-anak bisa mendapatkan kartu kredit? Tidak akan pernah," kata Kevin O'Leary dikutip CNBC, Selasa (30/7/2019).

"Alih-alih memberikan kartu kredit, sebagai gantinya mereka lebih baik menggunakan kartu debit dan ajarkan tidak boleh membelanjakan barang apapun dengan kredit," katanya.

Kenapa O'Leary menyarankan demikian? Sebab suku bunga kartu kredit amat besar. Terlebih anak-anak belum bisa berpikir matang. Jika Anda saja yang sudah dewasa masih terjebak ingin menggunakan kartu kredit saat belanja, apalagi anak-anak.

“Faktanya, suku bunga kartu kredit sangat besar. Membayar begitu banyak bunga terlalu gila," sebut dia.


Untuk mengajari anak-anak Anda mengerti tentang jahatnya bunga bank, O'Leary menyarankan Anda membuka rekening tabungan untuk anak sebelum mereka berusia 10 tahun.

"Saya ingin mereka melihat bagaimana uang pun bisa menghasilkan bunga meski menggunakan kartu debit," katanya.

"Dan itu hal yang hebat untuk dilakukan karena membantu mereka masuk ke konsep menabung dan berinvestasi dan berpikir jangka panjang," lanjut O'Leary.

Berdasarkan survei T. Rowe Price, 44 persen orangtua sangat enggan mendiskusikan uang dengan anak-anak mereka. Tapi O'Leary mengatakan, orangtua harus mulai mengajarkan dasar-dasar keuangan begitu anak-anak duduk di bangku TK.

“Saya pikir anak-anak harus diajari darimana uang berasal pada usia 5 tahun. Jika tidak diajari, tidak heran mereka kerap mendapat masalah setelah menggunakan kartu kredit," ujar O'Leary.


https://money.kompas.com/read/2019/07/30/104300426/jangan-berikan-kartu-kredit-pada-anak-anda-ini-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke