Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasca Listrik Padam, 97 Persen ATM Mandiri Berjalan Normal Hari Ini

Coporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menjelaskan, saat sistem PLN mengalami black out yang menyebabkan mati listrik di wilayah banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat pada Minggu (5/8/2019).

Rohan mengatakan, hari ini layanan Bank Mandiri berjalan normal meski di beberapa ATM yang berdiri sendiri sempat mengalami gangguan.

"Semua layanan baik hari ini dan kemarin berjalan normak, kemarin memang beberapa ATM yang berdiri sendiri memang mati karena tidak ada pasokan lsitrik," ujar dia ketika dihubungi Kompas.com hari ini.

Untuk pelayanan di kantor cabang, Bank Mandiri mengatakan per hari ini berjalan 100 persen normal.  Sementara untuk ATM, 97 persen berjalan normal.

Sebagai catatan, kemarin Minggu (4/8/2019) siang, terjadi pemadaman listrik (black out) di wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Adapun pemadaman listrik secara serentak hingga malam hari ini terjadi karena sistem di SUTET Ungaran-Pemalang black out.

Black out-nya SUTET Ungaran-Pemalang membuat aliran listrik di dua sirkuit tersebut turun drastis, yang kerap disebut dengan istilah N minus 2. Kemudian, turun drastisnya listrik juga memengaruhi sirkuit Depok-Tasikmalaya, sehingga kejadian ini disebut N minus 3.

Artinya, terjadi gangguan listrik pada 3 SUTET secara bersamaan. Inilah yang menyebabkan pemadaman serentak terjadi.

"Dua sirkuit yang di atas ini gangguan, nah ketika gangguan mengarah ke N minus 3 tadi tegangan turun akhirnya sirkuitnya terlepas, dan terpisah sistem listrik antara Barat dan Timur. Inilah yang menyebabkan listrik di bagian Barat Mati sementara Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali menyala," jelas Direktur Pengadaan Strategis II PLN Djoko Raharjo Abumanan.

https://money.kompas.com/read/2019/08/05/103100526/pasca-listrik-padam-97-persen-atm-mandiri-berjalan-normal-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke