Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jeff Bezos Jual Saham Amazon Senilai Rp 40 Triliun dalam Seminggu

NEW YORK, KOMPAS.com - CEO dan pendiri Amazon Jeff Bezos diketahui telah menjual saham raksasa e-commerce yang didirikannya dalam jumlah besar hanya dalam kurun waktu sepekan. Secara total, Bezos menjual saham Amazon senilai 2,8 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 40 triliun.

Dikutip dari CNBC, Selasa (6/8/2019), pada Kamis (1/8/2019) dan Jumat (2/8/2019) pekan lalu, Bezos melepas saham Amazon senilai 990 juta dollar AS atau kira-kira Rp 14 triliun. Beberapa hari sebelumnya, Bezos telah melepas saham Amazon senilai 1,8 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 25,5 triliun.

Hal ini terungkap berdasarkan laporan yang dilayangkan kepada Komisi Sekuritas dan Pasar Modal AS (SEC). Namun demikian, juru bicara Amazon enggan mengomentari langkah Bezos tersebut.

Sebelumnya, orang terkaya di dunia tersebut pernah menyatakan bahwa dirinya menjual saham Amazon senilai kira-kira 1 miliar dollar AS setiap tahun untuk mendanai perusahaan eksplorasi antariksa yang didirikannya, yakni Blue Origin.

"Satu-satunya cara yang saya bisa (lakukan) untuk menggelontorkan sebegitu banyak sumber daya finansial adalah dengan mengonversi saham Amazon yang saya miliki untuk (mendanai) perjalanan ke luar angkasa," jelas Bezos dalam sebuah wawancara.

Bezos belum pernah memberikan penjelasan terkait alasannya mengakselerasi laju penjualan saham. Akan tetapi, Bezos juga menggelontorkan dana untuk kegiatan bertajuk Day One Fund, yang diluncurkan pada 2018 lalu untuk membantu keluarga tuna wisma dan mendirikan taman kanak-kanak.

Menurut dokumen yang ditujukan kepada SEC, Bezos melepas sekira 530.000 lembar saham Amazon dalam dua putaran penjualan terpisah. Adapun harga per lembar saham mencapai 1.850 dollar AS atau sekitar Rp 26,4 juta.

Meskipun demikian, Bezos masih memiliki kira-kira 57 juta lembar saham Amazon. Ini setara sekira 12 persen kepemilikan saham Amazon.

https://money.kompas.com/read/2019/08/06/121600626/jeff-bezos-jual-saham-amazon-senilai-rp-40-triliun-dalam-seminggu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke