Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemasaran Asuransi lewat Agen Masih Jadi Andalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemasaran produk asuransi melalui saluran keagenan masih menjadi andalan bagi sejumlah perusahaan asuransi.

Perusahaan asuransi jiwa PT Cigna Asuransi Indonesia (Cigna Indonesia) optimistis bakal mencetak pertumbuhan signifikan untuk kanal distribusi keagenan sepanjang tahun ini. Hal ini didukung semakin masifnya layanan digital serta penetrasi para flying agen Cigna ke berbagai daerah di Tanah Air.

“Kami optimistis hingga akhir tahun nanti pertumbuhan keagenan mencapai 40 persen. Makanya, kami yakin peringkat kami di AAJI akan terus meningkat,” ujar Director and Chief Distribution Officer Cigna Indonesia Dini Maharani dalam keterangannya, Minggu (11/8/2019).

Cigna memulai kanal distribusi keagenan sejak 2015 untuk melengkapi kanal distribusi telemarketing dan kanal distribusi affinity marketing (mitra institusi keuangan dan nonkeuangan).

Menurut Dini, kontribusi dari kanal ini meningkat tajam setelah pada awal 2017 Cigna memperkuat agen-agennya dengan aplikasi digital yang dikenal dengan e-apps.

Dini menjelaskan, aplikasi digital itu didesain untuk membantu agen mengenali dan menganalisa kebutuhan finansial nasabah. Agen bisa memberikan rekomendasi produk asuransi yang sesuai tujuan keuangan nasabah.

Nasabah dapat mengetahui ilustrasi produk yang akan mereka beli, termasuk jumlah premi, dan benefit yang akan mereka peroleh. Selain itu, pengajuan asuransi juga dapat dilakukan lewat aplikasi yang terintegrasi dengan sistem Cigna Indonesia.

Saat ini dari 500 agen yang dimiliki Cigna, hampir seluruhnya telah menggunakan e-apps untuk
melayani nasabah. Ia melanjutkan, layanan e-apps itu juga sangat menolong para flying agent
yang menjadi agen spesial Cigna.

Mereka bisa menjangkau daerah-daerah lain dengan cepat. Ia menambahkan, para flying agent ini memberi kontribusi sekitar 35 persen dari pendapatan premi bisnis baru Cigna dari kanal distribusi keagenan.

Berdasarkan catatan, tahun lalu, pendapatan premi bruto Cigna dari kanal distribusi keagenan
sebesar Rp 93,87 miliar. Cigna meraih rata-rata pertumbuhan tiap tahunnya di kanal distribusi
ini sebesar 57,05 persen.

https://money.kompas.com/read/2019/08/11/153401826/pemasaran-asuransi-lewat-agen-masih-jadi-andalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke