Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unjuk Rasa Tak Usai, Orang-orang Super Kaya Hong Kong Hijrah ke AS

HONG KONG, KOMPAS.com - Semakin banyak orang-orang kaya Hong Kong yang mencari rumah dan berniat pindah ke Amerika Serikat (AS).

Ini lantaran mereka lelah dengan unjuk rasa yang tak kunjung usai, melemahnya pertumbuhan ekonomi di kawasan, dan perang dagang AS dan China. Hal ini diungkapkan konsultan wealth management Edward Mermelstein.

Dilansir dari South China Morning Post, Rabu (14/8/2019), Mermelstein menjelaskan, perusahaannya, yakni One & One Realty, menangani relokasi dan bisnis terkait, termasuk investasi properti mewah senilai 10 juta dollar AS ke atas.

Dalam dua minggu terakhir, kata Mermelstein, perusahaannya telah menerima permintaan informasi dari klien-klien asal Hong Kong yang ingin memindahkan keluarganya ke AS.

Para orang super tajir tersebut mengutarakan minat investasi antara 10 juta dollar AS hingga 100 juta dollar AS atau setara sekira Rp 142,4 miliar hingga Rp 14,2 triliun.

"Ini adalah situasi yang sangat tidak biasa. Warga Hong Kong biasanya hanya investor dan tidak memiliki minat untuk menjadi warga AS," jelas Mermelstein.

"Akan tetapi, hari ini pembicaraannya adalah jelas tentang memindahkan keluarga dan bisnis," imbuhnya.

Mermelstein telah 25 tahun berkecimpung di bisnis yang membantu keluarga-keluarga kaya memindahkan keluarga dan kekayaannya ke AS. Ia memulai karier dengan membantu warga-warga negara-negara pecahan Uni Soviet, termasuk Rusia, Ukraina, dan Kazakhstan.

Namun, belakangan ini ia kebanjiran permintaan dari keluarga-keluarga kaya Hong Kong.

"Jelas ada permintaan dari klien-klien Hong Kong bahwa mereka ingin menghindari gejolak sosial yang (dapat) mengganggu gaya hidup mereka, dan mereka ingin kembali menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi keluarga mereka," terang Mermelstein.

Dia memprediksi akan terus terjadi peningkatan minat orang-orang kaya Hong Kong terkait kepindahan ke AS. Ini lantaran belum ada tanda-tanda kondisi akan berangsur pulih.

https://money.kompas.com/read/2019/08/14/163927426/unjuk-rasa-tak-usai-orang-orang-super-kaya-hong-kong-hijrah-ke-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke