Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

idEA: E-Commerce Itu Bukan Pilihan, tetapi Wajib!

JAKARTA, KOMPAS.com - Perdagangan berbasis elektronik atau electronic commerce (e-commerce) kini sudah menjadi pilihan utama, selain perdangangan konvensional. Kehadiran e-commerce terutama dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan kemajuan zaman.

Executive Director ATT Authorized Global Partner Alibaba.com, Amalia Prabowo, mengatakan, kehadiran e-commerce untuk memasarkan baik produk maupun jasa tidak dimungkiri lagi dan sudah menjadi wajib "hukumnya". Pelaku usaha harus bisa adaptif dan siap menerima perkembangan dunia bisnis.

"Jadi e-commerce itu bukan pilihan, tapi wajib," kata Amalia dalam diskusi yang gelar Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) di JCC, Jakarta, Jumat, (16/8/2019).

Menurut Amalia, dengan kondisi saat ini seakan-akan pelaku usaha diharuskan mengikuti perkembangan zaman. Ini tentu supaya tidak tertinggal dan dapat memasarkan produk/jasanya kepada pelanggan.

Selain itu, jika tidak bisa mengimbangi perkembangan maka usaha yang dijalankan bisa mati alias tutup.

"Kenapa? karena kita sudah dipaksa untuk ke arah sana. Perkembangan e-commerce setiap tahun, itu 23 persen, sehingga Anda tidak bisa tidak untuk kenal itu," ungkapnya.

Dia menambahkan, memasarkan produk/jasa lewat e-commerce sangat baik dan punya banyak manfaat meskipun persaingan masih tetap ada. Akan tetapi, keterjangkauan atas produk/jasa yang pasarkan akan lebih luar. Sehingga peluang atau potensi penjualan akan lebih besar.

"Ada kemudahan dan kenyamanan, fokus," imbuhnya.

Melihat peluang itu, Amalia berharap banyak para pelaku usaha segera masuk ke ranah e-commerce. Apalagi, penetrasi internet dan pengguna media sosial cukup tinggi di Indoensia. Ini tentu menjadi kesempatan besar.

"Kita menempati urutan 5 untuk jumlah pengguna internet, nomor dua untuk pengguna Facebook. Jadi artinya kita yang memiliki produk sangat terekspos, ini kesempatan bagi kita," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2019/08/16/194000126/idea--e-commerce-itu-bukan-pilihan-tetapi-wajib-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke