Salin Artikel

Janji Jokowi di Bidang Kesehatan, dari Anggaran hingga Benahi Total BPJS

Hal itu disampaikan saat pidato Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020 dan Nota Keuangan di Gedung MPR-DPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Berikut janji-janji Presiden Jokowi tersebut:

1. Alokasi Rp132,2 triliun

Untuk memperkuat layanan kesehatan pada tahun 2020, Pemerintah mengalokasikan Rp132,2 triliun untuk anggaran kesehatan, atau naik hampir dua kali lipat dari realisasi anggaran kesehatan di tahun 2015 sebesar Rp69,3 triliun.

2. Benahi Total BPJS Kesehatan

Presiden Joko Widodo berjanji akan melakukan pembenahan total di tubuh BPJS Kesehatan mulai 2020. Pembenahan juga akan meliputi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Seperti diketahui, BPJS Kesehatan kerap mengalami defisit anggaran. Beberapa kali Presiden meminta agar persoalan itu bisa diselesaikan secepatnya.

3.  Penguatan program promotif dan preventif

Presiden mengatakan akan melakukan penguatan program promotif dan preventif melalui pemenuhan gizi dan imunisasi balita, serta edukasi publik tentang pentingnya pola hidup sehat untuk menekan angka penyakit  tidak menular.

Konvergensi program dan kegiatan percepatan penurunan stunting  pada tahun 2020 juga akan diperluas mencakup 260 kabupaten/kota.

Selain itu, Jokowi juga menyebut akan ada program dukungan bagi kesehatan dan keselamatan ibu hamil dan melahirkan juga menjadi prioritas.

https://money.kompas.com/read/2019/08/16/211100626/janji-jokowi-di-bidang-kesehatan-dari-anggaran-hingga-benahi-total-bpjs

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.