Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Alasan Generasi Milenial Masih Tertarik Jadi PNS

Hal ini tercermin dari setiap pembukaan pendaftaran CPNS yang dibuka pemerintah tiap tahunnya. Masyarakat Indonesia dari berbagai umur selalu berbondong-bondong mengikuti seleksi CPNS.

Lantas, apa yang menyebabkan para generasi milenial masih tertarik mengikuti seleksi CPNS?

Konsultan HR Human Capital Development PPM Manajemen, Maharsi Anindyajati mengatakan, salah satu hal yang membuat lowongan PNS masih menarik bagi generasi milenial adalah unsur keamanannya.

“Menjadi PNS lebih ‘aman’ dibanding karyawan swasta atau wirausaha. Karena kemungkinan kementerian ditutup, pegawai di-PHK sangat kecil. Pada milenial, job security juga masih menjadi alasan utama, milenial mencari pekerjaan yang memiliki job security yang tinggi,” ujar Maharsi kepada Kompas.com, Senin (19/8/2019).

Selain itu, lanjut Maharsi, menjadi PNS bagi generasi milenial juga bisa memberikan kesempatan lebih untuk melanjutkan pendidikan. Sebab, banyak program beasiswa dari tiap kementerian untuk para PNS.

“Kesempatan untuk belajar ini bisa diartikan tidak hanya di dalam institusi, namun justru untuk mencari kesempatan di luar institusi dengan membawa bendera institusi. Misal, dengan menjadi PNS akan lebih mudah mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri,” kata Maharsi.

https://money.kompas.com/read/2019/08/19/111115326/ini-alasan-generasi-milenial-masih-tertarik-jadi-pns

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke