Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 5 Sifat yang Dimiliki Miliarder Dunia dalam Berbisnis

Meskipun tidak ada tolak ukur yang valid untuk semua pebisnis, setidaknya ada beberapa sifat yang layak diadopsi dari beberapa miliarder paling sukses di dunia, seperti Elon Musk, Jeff Bezos, dan Susan Wojcicki.

Berikut lima sifat yang dimiliki para jutawan kelas dunia dalam membangun bisnis dilansir dari CNBC Make It, Selasa (20/8/2019).

1. Mereka tidak terganggu oleh kegagalan

Hal-Hal tidak akan berubah seperti yang Anda harapkan. Banyak ide Anda yang mungkin tidak berhasil bahkan orang-orang mungkin tidak percaya lagi.

Tetapi, orang-orang sukses tidak membiarkan kegagalan menghalangi mereka. Menurut penilitian, 90 persen dari para jutawan dunia mengalami kegagalan usaha, tapi mereka justru belajar dari kegagalan tersebut.

Ketika Bezos meluncurkan Amazon pada tahun 1994, ia hanya mempunyai 30 persen peluang untuk sukses. Memang, pendiri Amazon ini mengalami kegagalan, tetapi ia tidak pernah berhenti mengambil risiko dalam mengejar kesuksesan.

"Jika Anda akan berani bertaruh, kegagalan itu akan menjadi eksperimen. Eksperimen pada dasarnya cenderung gagal. Jika tidak gagal, Anda tidak akan tahu sebelumnya itu bekerja atau tidak. Tetapi, beberapa kesuksesan besar biasanya mengimbangi puluhan hal yang gagal tadi," kata Bezos.

2. Mereka menetapkan tujuan setinggi langit

Salah satu pendiri Tesla, Elon Musk, menetapkan tujuannya setinggi langit dan sangat ambisius, yang mungkin orang lain pikir tidak akan pernah terwujud.

Tujuan pertama Elon Musk adalah membawa wisatawan ke bulan, membangun terowongan bawah tanah untuk mengalahkan kemacetan lalu lintas hingga menghubungkan otak ke komputer. Ini merupakan salah satu ciri dari diri Elon Musk yang selalu menetapkan tujuan dengan ambisius.

Ternyata, menetapkan dan berusaha untuk mencapai tujuan yang sangat ambisius itu berpengaruh kepada si pembuat tujuan. Banyak penelitian yang menyebutkan, orang yang mempunyai tujuan lebih tinggi akan lebih puas ketika mencapainya dibanding yang merencanakan tujuan biasa-biasa saja.

Seperti Oprah Winfrey misalnya, dia menjadi miliarder setelah acara 'The Oprah Winfrey Show' masih tetap menjadi acara talk show dengan peringkat tertinggi dalam sejarah Amerika. Padahal, dia awalnya seorang reporter televisi. Namun, dia seorang pekerja keras dan punya tujuan setinggi langit.

3. Mereka memimpin dari pengalaman pribadi

Hal ini dilakukan oleh CEO Youtube, Susan Wojcicki. Susan memimpin dari pengalaman pribadinya. Pandangannya tidak hanya memamerkan visinya untuk masa depan, tetapi juga merebut hati banyak orang.

Para pemimpin yang paling sukses tahu kapan harus memimpin dari strategi objektif, dan kapan harus memimpin dengan empati dan kemanusiaan.

4. Mereka tahu ide-ide terhebat datang pada saat-saat paling tak terduga

Penelitian tentang otak dan proses berpikir internal seperti melamun dan membayangkan telah mengungkapkan bahwa ide sering muncul pada waktu yang paling tidak terduga.

"Informasi masuk secara sadar, tetapi masalahnya diproses secara tidak sadar ketika pikiran tidak mengharapkannya," tulis Claudia Kalb.

Musk mengatakan, ia memikirkan ide-ide paling cemerlang saat mandi. CEO dan eksekutif dari LinkedIn, Facebook, dan Google pun demikian. Saking percayanya terhadap ide yang datang dalam waktu tidak terduga, mereka mengadakan pertemuan dengan berjalan kaki karena mereka percaya pada saat itulah orang-orang paling fokus, kreatif, dan produktif.

Jadi, jika Anda berada pada posisi paling santai dengan pemikiran terbuka, biarkanlah kreatifitas Anda menyala sendiri.

5. Mereka berpikir out of the box

Orang-orang sukses selalu berpikir apa yang tidak dipikirkan orang lain sebelumnya. Seperti CEO Stitch Fix Katrina Lake misalnnya. 

Dia mengatakan, dirinya menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membuat algoritma dalam aplikasi yang membantu meningkatkan pendapatan perusahaan. Terbukti, algoritma ini meningkatkan pendapatan bersih Stitch Fix per klien sebesar 6 persen dari tahun ke tahun.

Ibaratnya, saat Anda berada di puncak gunung dan tidak ada referensi atau jalur untuk diikuti, Anda lah yang harus merintis jalan itu. Petakanlah 10 sampai 20 rencana untuk bisnis yang Anda jalani saat ini. Ketika Anda terbiasa, Anda akan mampu berpikir di luar dugaan.


https://money.kompas.com/read/2019/08/20/101100126/ini-5-sifat-yang-dimiliki-miliarder-dunia-dalam-berbisnis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke