Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lunasi Cicilan Kredit Lebih Awal itu Untung atau Rugi?

Penasaran, benarkah melunasi utang lebih awal akan menguntungkan? Atau justru merugikan?

Simak pro kontra melunasi utang lebih awal yang bisa membuat Anda menentukan sendiri apakah hal itu merupakan sesuatu yang menguntungkan atau justru malah merugikan seperti dari Cermati.com.

A. Pro Melunasi Utang Dianggap Lebih Menguntungkan

Katanya, melunasi utang lebih awal itu dipercaya mampu membuat diri seperti ini:

1. Bisa menghemat pengeluaran dan meringankan pembayaran bunga

Bunga merupakan beban tersendiri di luar pinjaman pokok yang harus dibayarkan. Karenanya, banyak orang percaya bahwa semakin awal membayar utang dengan plafon tertentu, maka beban bunga yang dibayarkan makin ringan.

Terlebih, bila ingin melunasi lebih awal, maka akan banyak beban bunga yang tidak perlu menjadi tanggungan Anda.

2. Kebutuhan lain akan terpenuhi dengan melunasi utang lebih awal

Saat punya utang, tentu Anda memiliki beban tersendiri saat menerima gaji atau penghasilan bulanan. Sampai-sampai, mungkin Anda merasa terkekang untuk keinginan atau kebutuhan lain.

Di posisi seperti ini, keterbatasan akan uang sangat terasa. Kadangkala, Anda juga pasti akan merasakan berkurangnya jumlah uang yang ingin digunakan selanjutnya. Baik di dalam rekening maupun uang tunai.

Dengan begitu, melunasi utang di awal, membuat beban semakin berkurang. Sehingga setelah lunas, Anda bisa bernafas lega dan keinginan memenuhi kebutuhan lainnya akan lebih leluasa.

3. Melunasi utang bisa membuat perasaan lega dan nyaman

Reaksi yang ditimbulkan atas berutang memang berbeda-beda. Ada yang merasa tertantang, lebih bergairah hidup. Tapi sebaliknya, ada pula yang merasa tersiksa dan terbebani.

Kalau Anda termasuk tipe yang merasa terbebani, selalu kepikiran, dan juga tersiksa dengan bayang-bayang utang, lebih baik untuk melunasinya sebelum jatuh tempo.

Dengan begitu, Anda akan merasa lebih lega, aman, dan merasa nyaman sehingga secara psikologis maupun finansial banyak diuntungkan.

B. Kontra Melunasi Utang Dianggap Lebih Merugikan

Katanya juga, melunasi utang lebih awal dari yang semestinya dianggap merugikan karena sebagai berikut ini:

1. Merugi karena tetap harus bayar semua bunga yang sudah ditetapkan sebelumnya

Bila Anda termasuk meminjam uang dengan sistem bunga anuitas, di awal pnjaman, hampir semua bunga mesti dibayarkan. Pinjaman seperti apakah yang memiliki sistem bunga anuitas?

Sayangnya, Anda sendiri mungkin tak sadar bahwa hampir semua sistem pinjaman memiliki sistem bunga ini. Sistem ini akan membuat Anda membayar sebagian besar bunga di awal, dan sebagian pinjaman pokok akan dibayarkan saat akhir waktu pinjaman.

Dengan sistem bunga anuitas, melunasi utang lebih awal akan sama saja secara keuntungan finansial, karena beban pokok yang harus Anda bayar sama-sama tinggi.

2. Dana darurat bisa digunakan untuk membayar utang

Sumber melunasi utang seringkali tidak terpikirkan saat awal kamu berutang. Hal ini mengakibatkan tidak adanya sumber pasti untuk pelunasan utang.

Salah satu cara yang banyak ditempuh pada akhirnya adalah menggunakan dana darurat yang semestinya akan benar-benar tersimpan dan digunakan saat darurat saja.

Dampak buruknya, ketika Anda menggunakan dana darurat saat melunasi utang, dana tersebut akan habis, dan mungkin tak tersisa. Lebih buruknya, saat Anda sakit atau bahkan terpuruk kehilangan pekerjaan, tidak ada dana yang terselamatkan.

3. Jejak rekam kredit bisa saja jadi kurang maksimal

Di satu sisi, ternyata melunasi utang kredit lebih awal akan membuat jejak rekam kredit Anda kurang sempurna. Perusahaan atau lembaga keuangan memang lebih menyukai cicilan kredit yang dilunasi berkala sesuai jatuh tempo.

Kalau dirasa beban utang masih bis adiatasi dan Anda merasa tidak terlalu risau, maka menjaga ritme kredit sesuai kesepakatan awal secara berkala boleh Anda pilih.

Semua Pilihan Terbaik Ada di Tangan Anda Sendiri

Dari fakta-fakta di atas, Anda bisa memahaminya dan menyesuaikan dengan kemampuan dan apa yang Anda rasakan. Melunasi utang lebih awal ataupun melunasinya secara berkala akan menjadi pilihan yang bijak saat Anda benar-benar mempertimbangaknnya sesuai kemampuan.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com.

https://money.kompas.com/read/2019/08/22/100000126/lunasi-cicilan-kredit-lebih-awal-itu-untung-atau-rugi-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke