Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Isu Bangkrut hingga Kasus Rp 800 Triliun, Bank Mandiri Sebut Bukan Sekadar Hoaks...

Hal itu diungkapkan Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas dalam konferensi pers di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (30/8/2019).

"Ini seperti bukan sekadar hoaks, ada sistematika atau benang merah yang mungkin perlu diteliti lebih lanjut," ungkap Rohan Hafas di Jakarta, Jumat (30/8/2019).

Sebab, kejadian ini bukanlah terjadi sekali. Sebelumnya Bank Mandiri sempat diterpa berita tak sedap soal kebangkrutannya dan merugi Rp 9 triliun.

Pun nasabah yang menggugat tersebut merupakan nasabah kredit macet Bank Mandiri sejak awal tahun ini dengan kolektibilitas 2C.

Nasabah atas nama Olsson bo Michael tersebut meminjam dana senilai Rp 5 miliar untuk modal kerja di perusahaannya, PT SSS (singkatan).

"Itu memang kami lihat nasabah kami, tapi nasabah kredit. Kreditnya Rp 5 miliar dan sejauh ini sedang menunggak pembayaran. Saya tidak mengerti kaitannya perusahaan asing (PT SSS) dengan dia yang menerima uang," kata Rohan.

Kendati merasa janggal, Rohan kembali menyerahkannya kepada pihak yang berwenang, yakni pihak kepolisian.

"Itu bukan kewenangan dan keahlian kami soal hal-hal seperti itu. Tapi ini aneh kok ya mandiri di-hoaks-in terus," sebut Rohan.

Sebelumnya diberitakan, pria asal Swedia Olsson Bo Michael menerima dana dari keluarga Raja Salman untuk berinvestasi di perusahaannya, PT SSS. Dana tersebut senilai 50 miliar euro atau sebesar Rp 800 triliun yang dikirimkan keluarga Raja Salman melalui Barclays Bank London ke Bank Mandiri.


Bank Mandiri pun dituduh menghilangkan dana tersebut karena tidak ada data pentransferan dari kliring internasional di Bank Mandiri.

Bank Mandiri pun menerima somasi tanggal 7 Mei 2019 dari Olsson dengan mengatasnamakan PT SSS melalui kantor pengacara Jamil Hamid & Partner dengan surat somasi nomor 0276/JHP-JH/Surt-Som/BM/IV/2019 tertanggal 30 April 2019 dan nomor 0279/JHP-JH/Surt-Som/BM/V/2019 tertanggal 6 Mei.

Tak cukup sampai di situ, Olsson juga melaporkan Bank Mandiri ke kepolisian terkait hal yang sama. Bahkan menyebarkan berita tersebut ke media.

Bank Mandiri sendiri telah melaporkan balik Olsson ke pihak kepolisian untuk menangani kasus ini. Pasalnya, hoaks ini bukanlah pertama kalinya.

Terkait ramainya hoaks, lanjut Rohan, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya atau terprovokasi dengan berita-berita hoaks yang menyesatkan.

"Jadi ini hoaks-nya sudah pasti," pungkas Rohan.

https://money.kompas.com/read/2019/08/30/151331726/isu-bangkrut-hingga-kasus-rp-800-triliun-bank-mandiri-sebut-bukan-sekadar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke