Salin Artikel

AirAsia X Beli 42 Pesawat Airbus Senilai Rp 71,1 Triliun

PARIS, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan AirAsia X telah melakukan pemesanan sebanyak 42 unit pesawat Airbus senilai 5 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 71,1 triliun.

Kabar ini telah dikonfirmasi oleh pihak Airbus. Adapun rincian pemesanannya adalah 12 unit pesawat Airbus A330neo untuk penerbangan jarak jauh dan 30 unit pesawat Airbus model terbaru A321XLR.

Dilansir dari Malay Mail yang mengutip AFP, Minggu (1/9/2019), biasanya pemesanan dalam jumlah besar akan diberikan diskon oleh pabrikan sesuai dengan harga katalog resmi.

Dalam pernyataannya, pihak Airbus menyatakan pemesanan ini menggenapkan jumlah pesanan pesawat AirAsia X menjadi 78 unit.

Airbus meluncurkan pesawat terbarunya, yakni A321XLR baru-baru ini di ajang pameran dirgantara Paris Air Show. Direncanakan pesawat ini mulai mengudara pada tahun 2023 mendatang.

Pesawat berbadan ramping gang tunggal (single aisle) ini disebut menjadi alternatif efisiensi biaya ketimbang penggunaan pesawat berbadan lebar. Pesawat Airbus A321XLR 15 persen lebih efisien ketimbang pendahulunya, yakni A321LR.

CEO AirAsia Tan Sri Tony Fernandes menyatakan pesawat tipe baru yang dipesan tersebut akan memungkinkan AirAsia X menawarkan penerbangan ke sejumlah destinasi baru.

AirAsia X saat ini melayani penerbangan ke 31 destinasi di kawasan Asia, Australia, Timur Tengah, dan Amerika Serikat.

https://money.kompas.com/read/2019/09/01/060000726/airasia-x-beli-42-pesawat-airbus-senilai-rp-71-1-triliun

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.