Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sektor Manufaktur China Lesu 4 Bulan Berturut-turut

SHANGHAI, KOMPAS.com - Sektor manufaktur China terkontraksi dalam waktu 4 bulan berturut-turut pada Agustus 2019. Ini lantaran masih terus berlangsungnya perang dagang dengan Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari South China Morning Post, Minggu (1/9/2019), indeks manufaktur, yakni purchasing manager's index (PMI) yang dirilis Biro Statistik Nasional China pada Sabtu (31/8/2019) berada pada level 49,5 pada Agustus 2019. Angka ini lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 49,7.

PMI merupakan ukuran sentimen di antara operator pabrik. Angka 50 merupakan garis demarkasi anfara ekspansi dan kontraksi dalam sektor ekonomi.

Dalam survei PMI, pelaku usaha manufaktur diminta memberikan pandangan terkait hal-hal bisnis, seperti pesanan ekspor, pembelian, produksi, dan logistik.

Apabila indeks PMI tetap berada pada area kontraksi selama enam bulan berturut-turut pada tahun ini, maka ini menunjukkan bahwa efek penerapan tarif oleh AS cukup tercermin dalam perekonomian China. Indeks manufaktur PMI menunjukkan ekspansi hanya pada bulan Maret dan April 2019.

Dalam kesempatan itu, dilaporkan pula indeks PMI non-manufaktur, yang merupakan hasil survei sektor konstruksi dan jasa. Indeks tersebut berada pada posisi 53,8, naik dibandingkan 53,7 pada Juli 2019.

Ini menunjukkan sektor-sektor yang tetap solid di tengah-tengah perlambatan perekonomian China secara umum.

Adapun indeks PMI Composite, paduan indeks sektor manufaktur dan non-manufaktur, berada pada posisi 53 pada Agustus 2019, turun dibanding 53,1 pada Juli 2019.

Zhang Liqun, analis di China Federation of Logistics and Purchasing menjelaskan, penurunan indeks PMI mengindikasikan penurunan yang menekan perekonomian China.

"Proyeksi korporasi terkait outlook pasar cenderung buruk, sekaligus khawatir akan operasi produksi mereka," jelas Zhang.

Indeks PMI mengindikasikan penurunan pesanan baru, yang juga mencerminkan kurangnya permintaan domestik.

Menurut Zhang, sejalan dengan AS yang meningkatkan ketegangan perdagangan dengan China, maka tekanan penurunan dari sisi eksternal juga terjadi.

Agustus 2019 merupakan bulan yang buruk bagi pemerintah China. Sebab, pada bulan itu diumumkan serangkaian data-data negatif yang menunjukkan tantangan ekonomi serius yang dihadapi negara tersebut.

https://money.kompas.com/read/2019/09/01/065739426/sektor-manufaktur-china-lesu-4-bulan-berturut-turut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke