Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BLK Komunitas, Upaya Kemnaker Tingkatkan Kemampuan SDM di Pesantren

KOMPAS.com – Dalam lima tahun mendatang, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan fokus dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas, sebut Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri, merupakan salah satu upaya pemerintah mendekatkan akses pelatihan vokasi kepada masyarakat.

Terkait itu, Menaker Hanif pun secara khusus meresmikan BLK Komunitas Pondok Pesantren (Ponpes) Al Badar di Kabupaten Tangerang, pada Selasa (10/9/2019).

Dia berharap, BLK tersebut dapat melahirkan SDM yang berakhlak, berkarakter, dan kompeten.

“BLK Komunitas ini untuk membekali karakter, softskill, sekaligus membekali keterampilan kepada lulusan pesantren. Tujuannya agar daya saing anak muda di pasar kerja semakin diperhitungkan, serta membekali keterampilan berwirausaha,” kata Menaker.

Budaya pesantren

Menaker menjelaskan, pembangunan BLK Komunitas di pesantren diilhami oleh budaya pesantren itu sendiri.

Santri pada zaman dulu, jelas Menaker, tidak hanya menimba ilmu kepada kiai saja. Santri juga membantu aktivitas lain kiai, seperti berkebun, bercocok tanam, ataupun berdagang.

Dengan begitu, di samping mendapat ilmu agama, santri juga mendapat pengalaman berkebun, bercocok tanam, dan berdagang.

Namun, sejak diterapkannya sistem syahriah (biaya bulanan), santri hanya fokus belajar ilmu agama saja.

Dengan adanya program BLK Komunitas, diharapkan santri tak hanya belajar agama, tapi juga mendapat bekal keterampilan sehingga ketika sudah lulus dari pesantren, mereka dapat masuk ke pasar kerja atau berwirausaha.

"Selain itu, BLK Komunitas juga bermanfaat membantu warga di sekitar pesantren yang membutuhkan keterampilan," katanya.

Wakil Bupati Tangerang, Mad Lomri mengapresiasi bantuan program BLK Komunitas oleh Kemnaker. Menurutnya, program ini dapat membantu menciptakan SDM yang berakhlak dan terampil.

“Semoga, BLK Komunitas ini dapat memberi dampak positif yang signifikan, tidak hanya bagi santri Al Badar, namun juga masyarakat sekitar,” pintanya.

1.000 BLK

Kepala Subdit Sarana dan Prasarana Pelatihan Kemnaker Ady Nugroho menambahkan, Kemnaker telah mencanangkan pembangunan 1.000 BLK Komunitas di Tahun 2019.

Hingga saat ini, progres pembangunan telah mencapai 80 persen.

Sementara itu, Kasi Program BBPLK Serang Budi Prabowo menjelaskan BLK Komunitas dibangun melalui 2 tahap.

Adapun, BLK Komunitas Ponpes Al Badar yang diresmikan oleh Menaker pada hari ini merupakan salah satu BLK binaan BBPLK Serang yang dibangun melalui tahap pertama.

BLK Komunitas ini terletak di Kompleks Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al Badar 2 di Desa Dandeur, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang.

“BLK Komunitas ini kejuruannya teknologi informasi. Masuk dalam binaan kami, tahap pertama, masuk dari bagian 55 BLK tahap pertama,” terang Budi.

Saat ini, BLK Komunitas Ponpes Al Badar masih menunggu proses kelengkapan peralatan pelatihan. Untuk kemudian dapat sesegera mungkin memulai pelatihan.

“Awal tahun 2020 sudah mulai bisa pelatihan,” tutupnya.

https://money.kompas.com/read/2019/09/11/081500026/blk-komunitas-upaya-kemnaker-tingkatkan-kemampuan-sdm-di-pesantren

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke